DISDIK KOTA BANDUNG LAKUKAN PERSIAPAN PTM 2021

Kota Bandung, BarayaKita  – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Kota Bandung telah berlangsung selama satu tahun, sejak Maret 2020 hingga saat ini akibat pandemi Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI merencanakan akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021 mendatang,
Kepala Seksi Kurikulum SMP Disdik Kota Bandung, Bambang Ariyanto mengatakan pihaknya memantau persiapan lewat laman Dapodik, apakah sudah siap atau belum untuk melaksanakan PTM.

“Sekarang Alhamdulillah, semuanya sudah mengisi daftar periksa. Kami sudah mengecek hampir sebangian sekolah di Kota Bandung dalam keadaan siap untuk melaksanakan PTM (jika Kementerian mengesahkan kebijakan tersebut),” kata Bambang saat acara Bandung Menjawab di Taman Dewi Sartika Kota Bandung, Selasa (9/3/2021).

Walaupun seluruh sekolah sudah siap melaksanakan PTM, menurutnya keputusan ada pada pemerintah pusat. Tentu, ada beberapa indikator yang harus disiapkan di antaranya sekolah sudah menyiapkan sarana protokol kesehatan, sarana untuk kampanye protokol kesehatan, ketersediaan guru, orang tua mengizinkan anaknya sekolah, dan siswanya siap untuk melaksanakan PTM.
Hal senada pun diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Bandung, Edi Suparjoto Disdik Kota Bandung telah melakukan persiapan PTM jenjang PAUD, SD, dan SMP sejak Desember 2020.

“Sebelum dilakukan PTM harus dilakukan vaksinasi untuk para guru-guru di sekolah,” kata Edi di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Selasa (9/3/2021).

Dengan tujuan memberi antibodi kepada para tenaga pendidik agar tidak mudah terpapar Covid-19 dan menghindari terjadinya klaster baru di lingkungan sekolah.

Sebelum melaksanakan PTM, lanjutnya perlu persiapan yang matang. Mulai dari tenaga pendidik, sarana protokol kesehatan, orang tua dan siswa dengan mengenal 5S.

“5S ini meliputi Siap sarana, Siap siswa, Siap orang tua, Siap guru, dan Siap kepala sekolah,” tegasnya.***

Sumber: Humas Disdik Bandung

Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *