DIMANAKAH IBU KOTA KABUPATEN BANDUNG BARAT

Padalarang,BarayaKita –  Sebuah Kabupaten tentu identik dengan Sebuah kota kecamatan yang di jadikan sebagai pusat pemerintahan yang tentunya mengacu kepada rencana dan tata ruang dari kabupaten tersebut.  Sebagai contoh Kabupaten Bandung menjadikan kota Soreang sebagai pusat  pemerintahannya menggantikan ibu kota sebelumnya yaitu Bale Endah. Melihat Soreang yang di jadikan sebagai Ibu Kota Kabupaten Bandung tentu ketika kita memasuki Soreang, kita akan merasakan perbedaan dengan wilayah lainnya di kabupaten Bandung mulai dari gerbang selamat datang, penataan kota di sekitar kantor  pemerintahan dan Hiasan hiasan kota yang mencerminkan suasana ibu kota  kabupaten Bandung.

Sebuah kabupaten tentu akan menata lingkungan ibu Kotanya menjadi sebuah kawasan yang mencerminkan Wajah atau etalase dari kabupaten tersebut  mulai dari gapura selamat datang di ibukota kabupaten, ketika sudah memasuki wilayah kota tentu kita akan merasakan perbedaan dari mulai penataan jalan dan trotoar yang diperbagus dan di hias dengan hiasan lampu atau pernak- pernik.

Lain halnya dengan Kabupaten  Bandung Barat, beberapa pergantian bupati sampai saat ini belum terlihat ada penataan Ibu Kota yang signifikan, dari wilayahnya saja warga kabupaten Bandung barat belum familier dengan ibu kota Kabupaten Bandung Barat, dan menganggap bahwa Padalarang adalah ibu Kota Kab. Bandung Barat tetapi Faktanya Ibu Kota Kabupaten Bandung Barat masuk ke. Kecamatan Ngamprah.

Dari beberapa kepemimpinan di Kabupaten Bandung Barat belum ada pemimpin  yang serius membenahi kawasan Padalarang dan Ngamprah sebagai kawasan ibu Kota Nya Kabupaten Bandung Barat. Dari dulu sampai sekarang jalan di  kawasan Padalarang dan Ngamprah begitu-begitu saja nyaris tidak ada perubahan yang berarti yang menandakan sebagai ibu kota Kabupaten. Bahkan Jalan menuju Kantor pemerintahan Kabupaten Bandung Barat terkesan jalan biasa apalagi posisi kantor pemerintahannya berada di pinggiran. Alasan jalan raya  Padalarang sebagai jalan Nasional adalah alasan klise karena faktanya di Cimahi atau kota Bandung bisa dibenahi, kenapa di Padalarang atau Ngamprah  tidak bisa.

Kondisi Padalarang dan Ngamprah sebagai etalase dan ibu kotanya kabupaten Bandung Barat mungkin  kalah pamor dengan Kota baru Parahyangan dan juga  Kota Lembang yang terlihat lebih tertata sebagai sebuah kota. Maka tidak heran jika terdengar  Selentingan bahwa Kota Lembang ingin mandiri menjadi sebuah Kota.

Sudah selayaknya Para Pemimpin Kabupaten Bandung Barat memikirkan secara serius bagaimana membenahi kawasan Padalarang dan Ngamprah menjadi kawasan yang menggambarkan etalase Kabupaten Bandung Barat. Mulai dari Pembuatan Gapura Selamat datang di ibukota Kabupaten Bandung Barat mulai dari wilayah  baratnya di daerah ciburuy, utaranya di daerah pertigaan PN Kertas dan pasar Tagog, kemudian dari arah Cisarua, di timurnya di padasuka atau haji gopur. Setelah memasuki gerbang selamat datang  jalan- jalan di kawasan tersebut dibuat trotoar dan Marka jalan bagus, kabel-kabel di rapihkan agar tidak terjadi lagi galian- galian di trotoar seperti sampai saat ini terjadi. Semoga di dengar oleh para pemimpin di Bandung Barat

 

 

 

 

Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *