BUPATI GARUT : KOORDINATOR OLAHRAGA KECAMATAN HARUS MENJADI BENTENG PRESTASI

Bandung, Barayakita   —   Bupati Garut Rudy Gunawan menghadiri acara Pelantikan Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) Periode 2023-2027, di Aula Al-Musadaddiyah Garut, Senin (7/8/2023). Sebanyak 42 KOK dilantik oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut Abdusy Syakur.

Dalam sambutannya, Rudy mengatakan pentingnya peran KOK dalam mengembangkan berbagai cabang olahraga di kecamatan-kecamatan dan kampung-kampung di Kabupaten Garut. Ia mengajak KOK untuk menjadi penjaga prestasi olahraga di setiap wilayah.

“KOK itu harus menjadi benteng pak, untuk menjadi benteng prestasi di kampung itu dicari-cari (dan) harus banyak turnamen di kampung itu ulah kehendak wae,” kata Rudi. Rudy menyatakan, komitmen pemerintah daerah dengan memberikan dukungan operasional tahunan bagi KOK. Ia juga berencana untuk merumuskan ulang bantuan KOK untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) bersama Sekretaris Daerah Garut.

“Tapi untuk bantuan itunya (untuk PORKAB) kita akan rumuskan dengan Pa Sekda, berapa camat berapa KOK gitu kan, tapi kalau ini (operasional) mah yang tahunan tiap tahun ada,” ucap Roni.

Ketua KONI Kabupaten Garut Abdusy Syakur Amin berbicara tentang pentingnya pengembangan sumber daya manusia dalam kemajuan bidang olahraga. Ia menegaskan, peningkatan kualifikasi pelatih, wasit, dan atlet akan menjadi fokus KONI ke depan. Pelatihan dari pelatih nasional juga sedang berlangsung untuk menghasilkan atlet renang handal. Menurutnya, kemajuan bidang olahraga tidak hanya cukup dengan membangun sarana fisik saja, namun juga memerlukan sarana nonfisik salah satunya yaitu pengembangan sumber daya manusia.

“Ke depan KONI akan melakukan peningkatan kualifikasi daripada para pelatih, para wasit, dan terutamanya adalah atlet,” ujar Abdusy Syakur. Syakur juga menjelaskan, pelantikan KOK merupakan upaya KONI Garut untuk menyelaraskan pembangunan fisik dan nonfisik. Kehadiran KOK di kecamatan-kecamatan dan desa-desa diharapkan dapat mendukung program pembinaan atlet di daerah-daerah yang lebih terpencil.

“Oleh karenanya kami mohon bantuan dari KOK untuk melaksanakan program pembinaan yaitu pembinaan-pembinaan atlet kita khususnya di daerah-daerah,” kata Syakur. KONI Garut bertekad merespons harapan Bupati Garut dengan memperkuat sarana olahraga. Syakur menegaskan, pembangunan ini harus menghasilkan prestasi olahraga yang jelas dan signifikan di Kabupaten Garut.

“Di berbagai macam bidang olahraga sudah semakin baik, ini kenapa, Karena didukung oleh sarana yang memadai,” ucap Syakur.

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *