OPTIMALKAN PEMANFAATAN HASIL PERIKANAN DAN CEGAH STUNTING PEMKOT CIMAHI GELAR LOMBA DIVERSIFIKASI OLAHAN IKAN

Kota Cimahi,BarayaKita –  Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Cimahi ke 22 Tahun dan sebagi upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan produksi hasil  perikanan agar bernilai tambah dalam meningkatkan perekonomian dan mengurangi terjadinya stunting di Kota Cimahi Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi menggelar lomba Diversifikasi olahan ikan dan Bazaar bertempat di Selasar Gedung B Kantor Pemerintahan Kota Cimahi pada hari Senin (19/06)

Sebanyak 15 Tim yang terdiri dari pelaku UKM dan Kader Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (PKK) Kelurahan se Kota Cimahi hadir sebagai peserta lomba diversifikasi olahan ikan yang tahun ini mengambil tema HUT Kota Cimahi ke 22 tahun “CIMAHI NGAHIJI”.

Lomba diversifikasi olahan ikan ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil tahun 2023, dengan sub kegiatannya adalah bimbingan teknis diversifikasi olahan ikan yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 -25 mei 2023, yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan teknis tentang cara mengolah ikan yang baik dan benar serta praktek diversifikasi atau penganekaragaman pengolahan ikan yang bisa dibuat untuk meningkatkan nilai tambah agar dapat dikomersilkan sebagai usaha yang bernilai ekonomis, dengan narasumber dari praktisi kuliner, chef, dan wirausahawan kuliner.
Diversifikasi produk hasil perikanan adalah upaya penganeka-ragaman jenis produk hasil perikanan dari bahan baku yang belum atau sudah dimanfaatkan dengan memperhatikan faktor mutu gizi dan keamanan pangan. Diversifikasi olahan ikan merupakan motivasi baru untuk memperkenalkan kepada masyarakat, bahwa ikan yang biasanya dikonsumsi setelah digoreng, dibakar atau dimasak dalam keadaan utuh, dapat diolah menjadi makanan yang lebih menarik dan tetap bernilai gizi tinggi yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dari mulai bayi, anak-anak, dan orang dewasa.

Sumber protein yang tersedia pada ikan sangat baik untuk mencegah terjadinya stunting pada anak. kondisi stunting disebabkan karena kurangnya asupan protein dan energi dalam jangka waktu yang panjang, dimulai dari masa kehamilan. asupan protein yang cukup selama golden periode (bayi hingga usia 2 tahun) menjadi hal yang penting dalam pencegahan stunting.

Saat menghadiri lomba diversifikasi Plh. Walikota Cimahi Maria Fitriana menjelaskan bahwa Lomba pengolahan ikan ini bertujuan untuk meningkatkan gemar makan ikan, dimana para peserta dituntut untuk mengolah dan menyajikan makanan dari bahan ikan ini menjadi sajian yang menarik, bergizi tinggi, dan tetap diminati untuk keluarga hususnya anak-anak dengan tidak mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.
“Untuk kedepannya akan dibuat suatu metode yang akan diterapkan di Cimahi,, bahan-bahan apa lagi yang sekiranya bisa dibuat untuk inovasi sebagai makanan olahan ikan has Cimahi” pungkasnya .
Berikut daftar pemenang hasil lomba diversifikasi olahan ikan Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 dalam rangka HUT Kota Cimahi ke 22 tahun :
Pemenang Lomba Diversifikasi Olahan Ikan Tk. Kota Cimahi Tahun 2023 :
Juara I Kelurahan Padasuka
Juara II Kelurahan Setiamanah
Juara III Kelurahan Baros
Juara Harapan I Kelurahan Cipageran
Juara Harapan II Kelurahan Cibabat
Juara Harapan III Kelurahan Melong
(Bidang IKPS)

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *