WACANA KOTA LEMBANG MENJADI DOB KEMBALI RAMAI DIPERBINCANGKAN

Lembang,BarayaKita – Beberapa hari ini muncul kembali wacana jika  Lembang akan menjadi Kota Mandiri Yaitu Kota Lembang dan terlepas dari induknya Kabupaten Bandung Barat.

Wacana Lembang menjadi Daerah Otonomi Baru terekspose setelah adanya  keterangan dari Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) Jabar dan Forum Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) yang mengajukan 9 daerah di Jabar yang  akan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Menurut Ketua Umum Forkodetada Jabar Rd H Holil Aksan Umarzen mengatakan bahwa 9 DOB yang diusulkan antara lain :  Kota Lembang, Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur, Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur. Dari 9 DOB yang disusulkan, 5 di antaranya sudah menyelesaikan dokumen  kepentingan pemekaran Daerah antara lain Kota Lembang, Bandung Timur, Garut Utara, Cikampek dan Indramayu Barat.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang Jawa Barat di nilai mempunyai jumlah penduduk yang paling banyak, sehingga idealnya Jawa Barat mempunyai 40 kabupaten/kota. untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan publik sehingga perlu adanya DOB baru jelasnya.

Sementara menurut Frans Arif Prasetyo, Pengamat Urban dan Kebijakan Publik dari Institut Teknologi Bandung (ITB), menilai bahwa rencana pemekaran Kecamatan Lembang menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) saat ini dinilai tidak penting untuk dilakukan,  Begitupun menurut Bupati Bandung Barat AA Umbara Sutisna, dirinya menolak  jika Lembang menjadi DOB baru terpisah dari KBB, menurutnya saat ini Lembang masih layak menjadi bagian Kabupaten Bandung Barat karena  PAD Lembang yang dinilai paling besar bagi KBB, bupati menjelaskan bahwa dalam dua tahun kepemimpinannya, masih banyak hal yang harus ia lakukan demi memajukan Bandung Barat. Karena itu, rencana pemekaran Kota Lembang ia anggap tidak tepat untuk saat ini, jangan dulu berpikir ke arah sana, tetapi kita berpikir dulu bagaimana rakyat bisa sejahtera ungkapnya.

Lembang dulunya merupakan Salah satu Kewedanaan yang ada di Kabupaten Bandung , Kewedanaan merupakan wilayah administrasi kepemerintahan yang berada di bawah kabupaten dan di atas kecamatan yang berlaku pada masa Hindia Belanda dan beberapa tahun setelah kemerdekaan Indonesia yang dipakai di beberapa provinsi dan Pemimpinnya disebut wedana. Kewedanaan setingkat dengan kota Administratif, dan jika berkembang maka maka Kota Administratif akan naik menjadi Kotamadya Seperti halnya Kota Cimahi yang sudah otonom menjadi Kota Mandiri, sementara Kewedanaan jika berkembang akan menjadi sebuah kabupaten baru. Saat itu Wilayah Administrasi Kewedanaan Lembang meliputi kecamatan Lembang, Parongpong, dan Cisarua.

Jika saat ini muncul wacana pembentukan kota Lembang, karena. Merujuk kepada wilayah Kewedanaan yang meliputi Kec. Lembang, Kec. Parongpong dan Kec. Cisarua  berpikir bahwa jika wilayahnya  berkembang maka akan terbentuk sebuah Kabupaten baru yaitu Kabupaten Lembang, tetapi yang muncul di kemudian Adalah Kabupaten Bandung Barat. Tak heran jika ada tokoh tokoh dari Lembang sendiiri yang menginginkan Lembang menjadi DOB seperti halnya kota Cimahi yang sudah terlebih dahulu mandiri. Tetapi Jika Lembang akan menjadi DOB baru berupa Kota Lembang tentu harus minimal memiliki 3 atau 4 kecamatan, sementara saat ini Lembang hanya mencakup 1 Kecamatan saja, jadi harus di perjuangkan dulu kecamatan terdekat mana saja yang akan gabung ke Lembang jika Nantinya  Kota Lembang benar-benar akan menjadi sebuah Kota Mandiri. (Udp)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − seven =