UPDATE COVID-19 DI JAWA BARAT, 20 MEI 2020

Bandung, BarayaKita — Info terkini dari Humas Provinsi Jabar yang kami dapatkan hari ini mengenai perkembangan Covid 19 adalah sbb :

1. Terkonfirmasi di Jawa Barat: 1.700 orang.

Meninggal: 124 Orang.

Sembuh: 411 orang.

Orang Dalam Pemantauan: 6.465 orang.

Pasien Dalam Pengawasan: 2.514 orang

(Data Pikobar 19 Mei 2020, pk 21.10 WIB).

2. Gelombang pertama penularan Covid-19 di Indonesia belum tuntas, termasuk di Jawa Barat meski PSBB sudah diterapkan.

3. Masyarakat harus berhati-hati dan waspada akan bahaya penyebaran Covid-19 di pusat niaga. Apalagi, saat ini banyak warga di daerah yang tidak mematuhi peraturan dengan memenuhi toko pakaian dan pusat niaga lainnya. Penyebaran virus sangat mudah karena droplet bisa menempel di permukaan benda yang ada di pusat perniagaan.

4. Penapisan (screening) adalah salah satu upaya mewujudkan PSBB di sektor transportasi. Penapisan terbanyak tercatat di Kota Cimahi sebanyak 36.021 orang. Penapisan paling sedikit dilakukan di Kabupaten Bogor terhadap 10 orang. Lebih dari 50% warga yang menjalani penapisan berusia di atas 50 tahun. Orang yang berasal dari luar Jawa Barat yang paling banyak melewati checkpoint  tercatat di wilayah Kab. Pangandaran sebanyak 27,7%.

5. Area publik lainnya yang berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus adalah pasar dan tempat belanja.  Menyusul adanya laporan menyangkut pedagang maupun pembeli positif Covid-19 yang ditemukan masih beraktivitas di pasar. Pemda Provinsi Jawa Barat telah menyebarkan surat edaran kepada pelaku perdagangan agar menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan jual-beli. Penguatan koordinasi pun dilakukan dengan Gugus Tugas di tingkat Kabupaten/Kota.

6. Walaupun seruan #tidakmudik telah dikampanyekan, namun pergerakan masyarakat tetap tampak meningkat menjelang Lebaran. Mengantisipasi situasi tersebut, 347 titik check point disiapkan di Kab/Kota di Jawa Barat. Penapisan dilakukan di setiap check point, mencakup pemeriksaan suhu dan kepatuhan menggunakan masker. Hasil pemeriksaan di check point ditemukan sebanyak 290 orang suhunya di atas 38 derajat. Hasil RDT menemukan 80 jiwa yang non reaktif. Sebanyak 18 orang yang melewati check point langsung dirujuk ke Puskesmas terdekat. (End.M)

Sumber :  

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar

IG: @humas_jabar @pikobar_jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × one =