TIAP KECAMATAN DI JABAR BAKAL MILIKI MOBILE COVID-19 TEST

BANDUNG – Pengetesan masif secara intens dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (Jabar) untuk membatasi ruang gerak SARS-CoV-2, dan melakukan penyekatan, sehingga penularan Covid-19 dapat dikendalikan, terutama saat penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal.

Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Siska Gerfianti, menyatakan pengetesan masif akan memobilisasi ambulans Puskesmas Keliling (Pusling) di 27 kabupaten/kota, yang jumlahnya mencapai 627, sebagai Mobile Covid-19 Test.

Setiap kecamatan akan punya Mobile Covid-19 Test. Jadi, kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota agar Puskesmas Keliling yang ada di satu kecamatan menjadi Mobile Covid-19 Test,” kata Siska saat meninjau pelaksanaan tes masif via Mobile Covid-19 Test di Kota Cimahi, Minggu (31/5/2020).

Mobile Covid-19 Test akan dilengkapi dengan 100 alat rapid test. Pengetesan pun diprioritaskan di kerumunan-kerumunan. Siska mengatakan, peningkatan kewaspadaan dengan melakukan pengetesan masif via Mobile Covid-19 Test dapat menekan potensi persebaran Covid-19 yang membahayakan warga.

“Kegiatan ekonomi sudah mulai dibuka, tapi kami tetap memberikan pengawasan dan pelacakan. Masalahnya kerumunan adalah sumber penularan. Mobile Covid-19 Test ini menjadi pertahanan untuk tetap mengawasi kerumunan-kerumunan, sehingga tidak akan menjadi sumber penularan,” ucapnya, seperti dirilis jabarprov.go.id. (Red)

Sumber : https://m.jabarnews.com/read/86124/alhamdulillah-tiap-kecamatan-di-jabar-bakal-miliki-mobile-covid-19-test

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − two =