Sosialisasi Pelayanan Sarana Angkutan Barang Kepada Pengusaha dan Perwakilan Organda Sekota Cimahi

Cimahi_ Satuan Lalu lintas Polres Cimahi bersama Dinas Perhubungan Kota cimahi dan Dinas Perhubungan Provinsi Jabar melakukan sosialisasi Pelayanan sarana angkutan barang kepada pengusaha dan perwakilan organda sekota cimahi untuk menciptakan dan mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas wilayah kota cimahi dan seputaran, sebagaimana kegiatan terasebut menindaklanjuti program Road Safety Pathner Action (RSPA) yang merupakan Pilar dalam rencana umum nasional keselamatan.(14/12)

Dalam hal ini narasumber sosialisasi dari Kepolisian sebagai pemateri diberikan oleh IPDA Deden Indrajaya, SH selaku Kanit Dikyasa, sedangkan dari Dishub di lakukan oleh Enjang Kusmana, AMa. PKB, M.M selaku koordinator Penguji Kendaraan Dishub Provinsi Jabar.

Kegiatan sosialisasi pelayanan sarana angkutan barang di buka oleh wali kota cimahi dalam hal ini di wakili oleh Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota cimahi Drs. Sumanto, MM. dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah bertujuan untuk manajemen keselamatan dan kendaraan yang berkeselamatan.

Kegiatan berlangsung bertempat di Ballroom Hotel Endah Parahyangan Jl. Raya Cibeureum, dengan peserta kurang lebih 50 orang dari perwakilan pengusaha angkutan barang dan perwakilan organda.

Dalam paparannya kanit Dikyasa menyampaikan Sosialisasinya yaitu pemahaman Kamseltibcar Lantas, Kewajiban pengusa sarana angkutan barang dan aturan Penegakan Hukum serta Ketentuan Pidananya, sedangkan dishub sendiri memberikan materi tentang sistem manajemen keselamatan.

Sedangkan Ketua Organda Dida Mengajak para pelaku usaha angkutan barang dan organda untuk mematuhi dan mengaplikasikan aturan aturan yang ada berdasarkan hukum yang berlaku Baik kewajiban pengusaha angkutan, keselamat berkendara dan aturan hukum sehingga dalam berkendara akan aman, nyaman, selamat dan lancar.

Tujuan kegiatan tersebut merupakan kesiapan operasi lilin 2018 dan tahun baru 2019 serta merupakan Program Road Safety Pathner Action yang merupakan pilar dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan yang meliputi Manajemen Keselamatan Jalan (Road Safety Management)
Sehingga Mendorong terselenggaranya koordinasi antar pemangku kepentingan dan terciptanya kemitraan sektoral
guna menjamin efektivitas dan keberlanjutan pengembangan dan perencanaan strategi keselamatan jalan,
termasuk didalamnya penetapan target pencapaian dari keselamatan jalan dan melaksanakan evaluasi untuk
memastikan penyelenggaraan keselamatan jalan telah dilaksanakan secara efektif dan efisien, Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road)
Jalan berkeselamatan adalah infrastruktur jalan yang mampu mereduksi dan mengakomodir kesalahan dari
pengguna jalan, sehingga dapat terhindar dari kecelakaan, Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
Kendaraan yang digunakan di jalan telah mempunyai standar keselamatan yang tinggi, sehingga mampu
meminimalisir kejadian kecelakaan yang diakibatkan oleh sistem kendaraan yang tidak berjalan dengan
semestinya. Selain itu, kendaraan juga harus mampu melindungi pengguna dan orang yang terlibat
kecelakaan untuk tidak bertambah parah, jika menjadi korban kecelakaan dan perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer People or Road User)
Pengguna jalan yang sadar akan resiko keselamatan di jalan serta berbuat sesuai peraturan tentang
keselamatan dijalan, termasuk di dalamnya peningkatan penegakkan hukum dan pendidikan & pelatihan
pengguna jalan.(14/12).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =