SELAMATKAN ATLET INDONESIA DI SEA GAMES 2019, PESELANCAR ROGER CASUGAY MERAIH PENGHARGAAN

Peselancar Filipina, Roger Casugay, mendapatkan penghargaan sebagai ‘Atlet Fair Play’ SEA Games 2019. Penghargaan itu diterima berkat aksi heroik Roger ketika menyelamatkan atlet Indonesia, Arip Nurhidayat,

Kejadian bermula ketika Roger Casugay dan Arip Nurhidayat bertanding pada ronde ketiga kelas longboard open cabang olahraga selancar SEA Games 2019. Ketika sedang bertanding di Monaliza Point, San Juan, La Union, Jumat (6/12/2019), tali di kaki Arip terlepas.

Arip kemudian tenggelam ke laut setelah dihantam ombak besar. Ketika itu, Rogers bisa saja dengan mudah meraih kemenangan. Namun, Roger memilih menolong Arip dan menyelamatkannya dari terjangan ombak.

Aksi heroik Roger Casugay membuatnya mendapatkan pujian dari seluruh dunia. Wajar, bila dalam upacara penutupan yang berlangsung di New Clark City Athletic Stadium, Clark, Rabu malam (11/12/2019), Panpel SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC) memberikan penghargaan ‘Atlet Fair Play’.

Pada pagi hari setelah aksi terpuji itu, Roger Casugay memenuhi undangan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Hal itu dilakukan karena Rodrigo bangga dengan sikap sportivitas yang dilakukan Roger.

Presiden Joko Widodo juga memuji sikap Roger yang lebih mengedepankan sportivitas ketimbang persaingan medali. Jokowi menyebut hal itu membuktikan nilai kemanusiaan berada di atas segalanya.

“Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya,” tulis Presiden Jokowi dalam akun media sosialnya.

“Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia,” demikian kata Presiden Jokowi.

Sumber : https://www.bola.com/sea-games/read/4132241/selamatkan-atlet-indonesia-di-sea-games-2019-peselancar-roger-casugay-meraih-penghargaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 4 =