SEKDA KAB. BANDUNG BARAT MEMBUKA ACARA SOSIALISASI PENERAPAN SIPD DAN BIMTEK PENATAUSAHAAN KEUANGAN

Ngamprah,BarayaKita – Sosialisasi Penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat, Ir. H. Asep Sodikin, MUM. Acara berlangsung di ruang rapat Sekda KBB, Ngamprah, Rabu (18/11/2020).

Asep Sodikin menjelaskan bahwa SIPD ialah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat. Ini sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat.

Dalam arahannya, Sekda Asep Sodikin menjelaskan bahwa aplikasi SIPD harus digunakan oleh Pemkab Bandung Barat dalam menyusun perencanaan dan keuangan daerah mulai tahun anggaran 2021.

“Aplikasi SIPD ini sebenarnya sebagai alat bantu dalam penyusunan RPJM, Renstra, RKPD, RKPD Perubahan, KUA/PPAS Perubahan, APBD dan APBD Perubahan agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan arahan Permendagri No 90 Tahun 2019,” terangnya.

Alat bantu ini juga akan menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara pelaksanaan perencanaan serta anggaran. Selain sebagai alat bantu, SIPD juga akan mengoptimalkan partisipasi masyarakat dan menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efesien, efektif berkeadilan dan berkelanjutan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan, Imam Santoso dan Asisten Administrasi Umum, Agus Maolana juga
para Kabag serta para Kasubag didampingi para Bendahara Pembantu Pengeluaran beserta operator keuangan lingkup Setda Kabupaten Bandung Barat.

Sumber: humas KBB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − four =