Sat Lantas Polres Cimahi bersama Dishub Kota Cimahi melakukan Rekayasa Penutupan Jalan pelaksanaan CAR FREE DAY (Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Sat Lantas Polres Cimahi bersama Dishub Kota Cimahi melakukan Rekayasa Penutupan Jalan pelaksanaan CAR FREE DAY (Hari Bebas Kendaraan Bermotor)*
di ruas Jl. R. Demang Pemkot Cimahi,
Yang dilaksanakan setiap hari Minggu mulai dari Pukul 06.00 wib sd 09.30 wib bertempat di ruas Jl. R. Demang Simpang tiga Pemkot Cimahi dan Simpang tiga Ciawitali Cimahi.
Kegiatan Lokasi Car Free Day berada di ruas Jl. R. Demang Pemkot Cimahi dan Simpang tiga Ciawitali ruas jalan kl 600 M dan melakukan rekayasa penutupan arus lalu lintas di:
– Simpang tiga Daeng Pemkot Cimahi;
– ‎Simpang tiga ciawitali cimahi.
Cara bertindak Satgas Kamseltibcar Lantas penempatan Traling, traficcone, Portable, road Barrier, spanduk himbauan dan rambu rambu di Simpang tiga daeng pemkot cimahi – ruas Jl. R. Demang – simpang tiga ciawitali.
Penempatan Personel Satgas Kamseltibcarlantas pada on the spot titik rawan kemacetan dan penutupan jalan;
Adapun Rekayasa Pengalihan
*Arus Lalin dari Jl. Jati serut maupun yang dari arah Parongpong yang akan menuju ciawitali – citeureup – kolmas (Kendaraan R4 /R2 diarahkan menuju Simpang tiga Cihanjuang JL. Jend. Amir Mahmud – Jl. Gatsu – Jl. Gandawijaya – Jl. Kolmas dan alternatif lainnya sedangkan arus lalin dari arah citeureup – alun alun cimahi – ciawi tali yang akan menuju Jl. Daeng – Jl. Jati serut – Jl. Parongpong – Jl. Pesantren (kendaraan R4/R2 di arahkan ke Jl. Babakan – simpang alun alun cimahi – Jl. Jend. Amir Mahmud – Jl. Simpang tiga Daeng*.

Pemkot Cimahi telah Menyiapkan Kantong kantong parkir kendaraan sepeda motor atau R2 dan mobil atau R4 di Seputaran Pemkot Cimahi maupun seputaran ciawitali.
Melaksanakan sosialisasi tahap ke-2 pelaksanaan Car free Day melalui media sosial, media cetak/elektronik Radio dsb.
Adapun Tujuan Pelaksanaan Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) di ruas Jl. R. Demang Pemkot cimahi dan Simpang ciawitali cimahi merupakan kegiatan yang dilakukan pada hari minggu agar tidak menggunakan kendaraan bermotor. hal ini bertujuan agar mengurangi polusi udara yang terjadi di wilayah Kota cimahi. Karena dengan car free day asap kendaraan bermotor otomatis berkurang dan membuat udara semakin sehat untuk dihirup. Selain digunakan untuk mengurangi pencemaran car free day juga membuat suasana menjadi nyaman tidak bising dengan bunyi – bunyi knalpot kendaraan bermotor.
Car free day merupakan solusi untuk menghindari kemacetan di Seputaran Jl. Jati Serut dan Simpang tiga daeng pemkot cimahi maupun ciawitali. Dengan adanya car free day bukan hanya kemacetan yang teratasi tetapi juga bisa menjadi sarana olahraga bagi masyarakat. Car free day membuat masyarakat setidaknya menggerakan tubuhnya seperti berjalan bersepeda maupun dengan jogging. Car free day dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan setidaknya membuat masyarakat sedikit mau menggerakan tubuhnya.
Car free day (CFD) sudah  bisa dijadikan untuk tujuan reflesing otak.
Dengan kegiatan tersebut Para pengguna/pengendara jalan dapat memahami adanya CFD sehingga arus lalin lancar menuju jalur yang akan dituju dan pengendara pengguna jalan dapat menggunakan alternatif yang telah diarahkan baik oleh petugas maupun oleh himbaun spanduk dan rambu petunjuk dan larangan, Merupakan salah satu upaya kepada pengguna jalan agar dapat mengerti dan memahami aturan rambu-rambu, marka dan petunjuk berlalu lintas agar mengurangi bangkitan volume kendaraan, pelanggaran dan mengantisipasi kecelakaan, Kegiatan car free day berlansung dari pkl 06.00 wib sd pkl 10.00 wib pagi, Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) adalah kegiatan yang  bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor pribadi, agar membiasakan diri untuk berolah raga dengan berjalan kaki, bersepeda dsb, Car Free Day merupakan budaya baru bagi masyarakat Kota cimahi sebagai ajang bersosialisasi dengan teman maupun keluarga dan juga sebagai sarana kesehatan jasmani yang bebas dari polusi. Kegiatan Car Free Day ini berupaya mengurangi pencemaran udara yang telah tercemari oleh asap kendaraan bermotor.
untuk menciptakan Terwujudnya Budaya Tertib lalu lintas sehingga Kamseltibcar lantas Kota cimahi wilkum Polres Cimahi dapat tercipta aman kondusif dan terkendali dalam pelaksanaan pengamanan CAR free Day (CFD).

PP

Sumber:

Kanit Dikyasa Polres Cimahi IPDA Deden Indrajaya, SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =