Ridwan Kamil Ajak Investor Kembangkan Bambu Jawa Barat

KAB. BANDUNG BARAT — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak para investor untuk mengembangkan pohon bambu sebagai bahan dasar pembuatan furnitur dan perlengkapan rumah tangga.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri peletakan batu pertama Toko IKEA Bandung di Kompleks Perumahan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (28/3/19).

“Saya titip bambu yang belum (digarap), karena bambu Jawa Barat sangat besar. Insyaallah nanti bambu dari desa-desa miskin di Jawa Barat, tapi didesain oleh designer IKEA yang modern dan bukan tidak mungkin akan dijual di seluruh dunia,” ujar Emil.

Menurutnya, pemasaran produk lokal seperti bambu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat secara signifikan. “Dengan hadirnya IKEA ini saya titipkan ekonomi Jawa Barat. Ini menunjukkan Jabar disukai oleh investor. Tahun lalu Rp160 miliar kita juara di Indonesia, kedua saya titipkan jadi mitra bukan jadi saingan, terbukti dengan industri furnitur dari Cirebon sudah dijadikan mitra,” katanya.

Emil, sapaan Gubernur, menyatakan Jawa Barat sangat potensial untuk berinvestasi karena pertumbuhan ekonominya mencapai 5,67 persen, di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Populasi penduduknya mencapai hampir 50 juta jiwa merupakan terbesar di Indonesia, dengan indeks kebahagiaan masyarakatnya tertinggi pula.

“Pada akhir 2017 ekonomi kami 5,1 persen dan saat ini sudah mencapai 5,7 persen. IKEA ini memberikan investasi sebesar Rp 1,4 triliun,” kata Emil, sapaan akrabnya.

IKEA Bandung merupakan gerai perlengkapan rumah tangga ketiga di Indonesia, setelah Alam Sutera di Serpong, dan Jakarta Garden City di Cakung, Jakarta Timur.

 

Sumber :
http://humas.jabarprov.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + seven =