RAPI KOTA BANDUNG GELAR BIMBINGAN ORGANISASI

Bandung,BarayaKita
Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 12 Kota Bandung menggelar Bimbingan Organisasi (BO) di Graha Kadin – Jalan Talaga Bodas Kota Bandung, Minggu 15/12. Ketua Panitia – Hatimi, S.Pd (JZ10AHU) dalam laporan tertulisnya menyampaikan, BO diikuti anggota baru dan calon anggota sebanyak 97 orang, dan anggota RAPI yang sertifikat-nya rusak/hilang 47 orang. Total terdapat 144 orang peserta. Terkait pendanaan kegiatan Hatimi menyebut, sumber dana berasal dari para donator, partisipan anggota dan panitia, serta biaya pendaftaran peserta, yang dibuka pada 02 hingga 12 Desember 2019 lalu.

“Bimbingan Organisasi adalah kegiatan RAPI di dalam pembinaan dan pengembangan organisasi dalam rangka penerimaan anggota yang merupakan syarat mutlak untuk menjadi Anggota RAPI”, demikian disampaikan Ketua RAPI Wilayah 12 Kota Bandung – Dadang Herry Hermawan (JZ10ABG) dalam sambutannya. Dadang sampaikan terimakasih-nya kepada peserta yang dengan antusias mengikuti kegiatan. Ia-pun juga haturkanselamat datang dan selamat bergabung bagi calon anggota dan anggota baru. Ia berharap semua peserta dapat berguna bagi sesama, masyarakat sekitar dan berkontribusi bagi keberlangsungan bangsa dan Negara melalui organisasi RAPI.

Pada bagian lain sambutannya, Dadang juga melaporkan kepada Ketua Ketua RAPI Daerah 10 Jawa Barat yang hadir pada kegiatan BO, bahwa RAPI Kota Bandung beberapa waktu lalu telah membentuk/ melaunching dan sekaligus meresmikan keberadaan Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari ; Satgas RAPI Raider, Satgas Jaringan Komunikasi, Satgas Tim Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana dan Satgas Bantuan Sosial (Bansos). Saat sampaikan laporan tersebut, unsure pengurus Daerah, Wilayah dan peserta memberikan aplaus-nya dengan bertepuk tangan.

Sementara Ketua RAPI Daerah 10 Jawa Barat – Ir.Nur Yasser Kamaruddin (DZ10DYS) dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik diselenggarakannya Bibingan Organisasi (BO). Sebab menurutnya, sesuai informasi yang didapat BO terakhir yang digelar RAPI Kota Bandung pada tahun 2014 silam. Padahal menurut Yasser sesuai Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) tahun 2016 disyaratkan seseorang sebelum menjadi anggota RAPI, persyaratannya harus mengikuti BO. “Saya perlu sampaikan, kebetulan ada tamu yang hadir ditengah tengah kita saat ini Ketua Rapi Jawa Tengah. Ternyata Jawa Tengah itu (RAPI Daerah 11 Jateng) dalam setahun telah berhasil menyelenggarakan BO yang diikuti sekira 2000 calon anggota/ anggota baru, dalam setahun. Nah, Jawa Barat memang agak terlambat. Namun Saya yakin, segenap pengurus tingkat daerah, Wilayah hingga level lokal, akan terpacu melakukan percepatan – percepatan agar setidaknya menyamai Jawa Tengah”, Papar Yasser. Ditambahkannya, dalam periode kepengurusan-nya selama 3 bulan telah lakukan BO yang iikuti 640 peserta, ditambah 140 peserta yang saat ini diselenggarakan di Bandung, total telah 780 orang. “ Saya juga mengapresiasi percepatan yang dilakukan pengurus Kota Bandung yang bahkan telah membentuk empat (4) satgas sekaligus. Sebenarnya yang utama 3, karena Satgas Jaringan Komunikasi itu pembentukannya dilakukan Pengurus Daerah dan Wilayah dikoordinasikan dengan Pengurus Nasional. Namun tak masalah, Bandung telah membentuknya tinggal nanti kita koordinasikan lebih intens”, papar Yasser mengakiri sambutannya.

 

Terkait Bimbingan Organisasi (BO) yang digelar RAPI Wilayah 12 Kota Bandung kali ini, ber-thema “ Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Dalam Organisasi Melalui Bimbingan Organisasi”. Peserta mengikuti kegiatan didalam ruangan dengan materi terdiri dari ; Materi Teori Umum : (1) Sejarah Organisasi RAPI, (2) Peraturan Perundang – Undangan dan Peraturan Pemerintah Terkait Telekomunikasi dan Penyelenggaraan KRAP [Komukasi Radio Antar Penduduk] (3) AD/ART dan Peraturan dalam Lingkungan organisasi RAPI (4) Tata Cara Berkomunikasi/ Pengenalan. Selanjutnya peserta juga akan diajak mengenal Materi Minat Khusus diantaranya berupa ; Pengenalan Satuan Tugas RAPI dan Pengenalan Jaringan Komunikasi. Sementara dibagian akhir terdapat materi Teori Muatan Lokal yang terdiri dari ; 1. Pengenalan Struktur Kepengurusan, 2. Informasi mengenai program kerja dan kegiatan pengurus serta 3. Informasi lainnya yang bermanfaat bagi peserta, dan Materi Praktek Komunikasi. (gp)

Satu tanggapan untuk “RAPI KOTA BANDUNG GELAR BIMBINGAN ORGANISASI

  • 5 Februari 2020 pada 11:10 pm
    Permalink

    RAPI MAJU TERUS PANTANG MUNDUR.

    RUKUN DIUDARA AKRAB DIDARAT DAN IMAN DIHATI

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + fourteen =