PSBB CIMAHI BARU DIMULAI, PETUGAS LANGSUNG TEMUKAN 4 PEMUDIK DARI SURABAYA

Petugas gabungan menemukan sejumlah pelanggaran pada awal  pelaksanaan Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) di Kota Cimahi, Rabu 22 April 2020. Pendatang luar kota diminta melapor ke RT karena otomatis berstatus Orang Dalam Pemantauan dan harus isolasi mandiri hingga penumpang angkutan umum dipindah ke bagian kursi belakang sebagai penerapan physical distancing.

Hal itu setidaknya berlangsung di Pos Checkpoint di Padasuka Jalan Jend. Amir Mahmud perbatasan Kota Cimahi-Kabupaten Bandung Barat.

Kasi Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan, pihaknya mendapati pendatang dari Surabaya masuk ke Kota Cimahi.

“Mengendarai kendaraan luar daerah, langsung kita berhentikan. Saat diperiksa, ternyata pemudik asal Surabaya pulang ke Cimahi di Jalan Cihanjuang Gang Gurame dan Gang Tohir,” ujarnya

Petugas langsung melakukan peengukuran suhu dan pemeriksaan identitas.

“Alhamdulillah semua suhunya normal. Kemudian ke empat orang tersebut telah didata,” ucapnya.

Pihaknya meminta warga tersebut melapor ke RT setempat di lokasi tujuan di Kota Cimahi.

“Diperintahkan agar lapor RT untuk isolasi mandiri karena otomatis statusnya ODP, ” jelasnya.

Ranto menyatakan, petugas memantau kondisi lapangan dan melihat penerapan social distancing dan physical distancing selama PSBB berlangsung.

“Kita tadi pindahkan penumpang angkot yang duduk di depan untuk duduk di bangku belakang sehingga ada jarak dengan pengemudi. Kendaraan lain dilihat apakah menerapkan aturan, kalau kelihatan ada pelanggaran kita hentikan. Kendaraan plat diluar D akan diberhentikan untuk pemeriksaan,” katanya.

Pantauan di lapangan, suasana jalanan Kota Cimahi terlihat ramai lancar dengan lalu lalang kendaraan. Petugas sudah bersiaga di 13 titik checkpoint di Kota Cimahi memastikan pemberlakuan PSBB ditaati masyarakat Kota Cimahi untuk menekan angka penularan corona virus disease (Covid-19).

 

Disadur : https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01369836/psbb-cimahi-baru-dimulai-petugas-langsung-temukan-4-pemudik-dari-surabaya?page=2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 2 =