Police Go To School SMAN I Cisarua

Cisarua Bandung Barat-Kanit Dikyasa IPDA Deden Indrajaya, SH melaksanakan Police Go To School SMAN I Cisarua dalam rangka Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas dan Transportasi Sehat Merakyat (TSM).

Kegiatan tersebut Mendorong terselenggaranya koordinasi antar pemangku kepentingan dan terciptanya kemitraan sektoral
antara Polres Cimahi, Dishub Kab. Bandung Barat dan Dinas Pendidikan (SMAN 1 Cisarua). Memberikan Wawasan pendidikan lalu lintas kepada Para Pelajar sehingga mampu memahami Kendaraan yang digunakan di jalan telah mempunyai standar keselamatan yang tinggi, sehingga mampu
meminimalisir kecelakaan yang diakibatkan oleh sistem kendaraan yang tidak berjalan dengan
semestinya sebagai Pengguna jalan yang sadar akan resiko keselamatan di jalan serta berbuat sesuai peraturan tentang
keselamatan dijalan sehingga terbentuk perilaku berlalulintas yang tertib, disiplin, beretika, berkarakter, bermutu dan budaya berlalu lintas yang Aman, Santun, Selamat, Tertib dan Lancar yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari berkeselamatan sejak usia dini, serta mendorong pelajar sebagai Duta Pelopor keselamatan berlalu lintas.
Tujuan utama Mencegah mengurangi Kemacetan berlalu Lintas, Meminimalisir kecelakaan, mencegah Polusi udara kotor, hirup udara sehat dan Hidup sehat dengan cara berjalan kaki dan bersepeda kesekolah Maupun naik sarana angkutan umum.

Materi yang diberikan Latar belakang dan permasalahan Gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, pemahaman Dasar Hukum UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.Manajemen Keselamatan Jalan (Road Safety Management), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer People or Road User), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Pengenalan rambu-rambu lalu lintas (jenis rambu larangan, peringatan dan perintah/petunjuk).

Kecelakaan terjadi dikarenakan Perilaku Pengguna Jalan yang tidak memahami jalan yang Berkeselamatan (Safer People or Road User), cara jalan yang aman dan selamat, seperti marka jalan, Zebra cross, JPO (jembatan penyebrangan orang), Memberikan pemahaman tentang disiplin berlalulintas dan etika berkeselamatan dalam berkendara serta etika pada saat menyebrang jalan kaki di jalan raya.

Dirinya Kemudian menyampaikan Faktor Penyebab Kecelakaan Terdiri dari (Faktor Manusia/pengemudi, Faktor kendaraan, Faktor jalan & Alam/cuaca).

Oleh karenanya dirinya secara tegas dan humanis pada saat memberikan edukasi kepada para siswa diLarang berkendara bagi yang belum memiliki SIM atau dibawah usia 17 tahun, Karena Usia 17 tahun belum Stabil atau masih Labil emosionalnya seperti kurangnya kewaspadaan, kesadaran, sikap mental & antisipasi dalam berkendara.

Dengan adanya Sosialisasi Keselamatan berlalu lintas melalui Police goes to school ini, mudah mudahan dikalangan pelajar jangan sampai terjadinya laka lantas maupun menjadi korban laka lantas.

Selain itu juga dirinya memberikan Penyuluhan Sosialisasi Transportasi Sehat Merakyat (TSM) melalui Bike to School (Bersepeda ke sekolah), atau Back to bike (Kembali ke sepeda), juga Walk to School (Berjalan kaki ke sekolah), Menghimbau dan mengajak siswa/i sejak dini untuk dapat menggunakan Transportasi Sehat Merakyat (TSM).

Pihak SMAN 1 cisarua Tuti Kurniawati Selaku kepala sekolah melalui Novi selaku wakil sekolah mengucapkan terima kasih kepada kepolisian dan Dinas perhubungan Kab. Bandung barat yang telah memberikan pemahaman kepada pelajar SMAN 1 cisarua tentang Etika dan disiplin keselamatan berlalu lintas.

Dirinya meminta pembinaan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan, untuk menumbuhkan rasa sadar dan pentingnya Keselamatan berlalulintas kepada para pelajar, khususnya SMAN 1 Cisarua.
Ia berharap anak didiknya dapat memahami apa yang telah disampaikan dalam materi sosialisasi tetsebut, sehingga tidak menjadi pelanggar berlalu lintas dan korban kecelakaan lalu lintas.”

PP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − thirteen =