Percayakah Anda Kalau Batu Kapur bisa di Konsumsi? Ini Faktanya

Anda warga Bandung jika pergi ke daerah Cianjur atau Purwakarta begitupun sebaliknya,pasti akan melihat kepulan asap atau debu dari pabrik batu Kapur. Mungkin kita hanya bisa membayangkan kalau Kapur itu kurang bermanfaat dan hanya menimbulkan polusi saja kalau kita melintas daerah Padalarang atau Cipatat. Tapi tahukah anda Jika Batu Kapur atau atau bahasa ilmiahnya CaCO3 ini kaya manfaat. Apa Saja Manfaat batu kapur:

1. Batu Kapur yang sering kita Jumpai adalah batu kapur yg sudah dibakar dan di hancurkan untuk di buat tepung, tepung ini bisa di gunakan  sebagai campuran pasir untuk pembuatan  batu bata atau campuran adukan, batu kapur juga bisa  di gunakan sebagai kapur Tulis. Di dunia pertanian tepung kapur ini di gunakan untuk menaikan PH keasaman tanah agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Tepung kapur juga di manfaatkan untuk pembuatan pupuk organik dan juga sebagai tawas/ pembersih air. Orang tua dulu bahkan tepung kapur ini di jadikan sebagai bahan lepehan bersama daun sirih untuk memperkuat gigi.

2. Di dunia Industri, biasanya menggunakan batu kapur mentah (tidak di bakar) tetapi langsung di giling di buat tepung. Tepung batu kapur mentah ini biasanya di gunakan untuk bahan baku Semen, Keramik, industri ban sebagai campuran karet ban kendaraan, pipa paralon, besi, kaca,kertas, cat,d gypsum, kabel listrik bahkan sabun colek termasuk pasta gigi.

Ada fakta yang menarik bahwa batu kapur mengandung kalsium tinggi ,  sehingga  batu kapur (CaCO3) menjadi pemasok utama untuk bahan Baku industri pakan ternak dan juga Bahan baku obat kimia.

Jadi kalau kita doyan makan ayam broiler, secara tidak langsung kita mengkonsumsi batu kapur, begitupun jika kita sakit dan minum obat tablet sudah dipastikan kita makan batu kapur. Jadi percaya khan kalau batu kapur ternyata bisa di konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − thirteen =