PEMBERDAYAAN IBU-IBU RUMAH TANGGA DI UMKM PENGRAJIN RAJUTAN, PARONGPONG, KBB

Kabupaten Bandung Barat, BarayaKita — Ternyata banyak UMKM potensial yang ada di sekitar kita yang dapat memberdayakan potensi masyarakat sekaligus membuka peluang usaha.

Seperti UMKM yang berada di Kampung Tugu, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, yaitu UMKM Rajutan yang dikordinir oleh Ibu Wafa Cucu.

UMKM Rajutan Kp. Tugu tsb sudah memiliki anggota sebanyak 15 orang, yang memberdayakan tenaga Ibu-ibu Rumah Tangga sekitar, yang tidak memiliki pekerjaan. Menurut Wafa Cucu, “daripada ibu-ibu menganggur, saya mengajak ibu-ibu di kampungnya untuk belajar merajut. Secara gratis ilmu merajut diberikan, langsung praktek membuat berbagai karya rajutan seperti kopeah atau topi haji, dompet, tas, wadah handphone dll.”

“Setelah diajari merajut, ibu-ibu mempraktekkan langsung ilmunya dengan membuat berbagai karya rajutan, dimana para ibu akan mendapatkan upah berdasarkan banyaknya benang yang digunakan di rajutannya. Per gulung benang yang digunakan akan dihargai sebesar Rp 10.000,- jadi misalkan sebuah tas yang beres dikerjakan seorang ibu menghabiskan 3 gulung benang makanya upah ibu tsb adalah sebesar Rp.30.000,-

Dari cerita Ibu-ibu di Kampung tsb, ternyata mereka menyambut antusias adanya UMKM Rajutan pimpinan Ibu Wafa Cucu tsb karena mereka mendapat ilmu merajut sekaligus bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari hasil rajutannya. Apalagi jika banyak pesanan rajutan mereka yang semakin dikenal masyarakat sekitar.

Harapan Wafa Cucu adalah semakin sejahteranya warga sekitar selain memanfaatkan waktu dan tenaga para ibu untuk melakukan hal yang positif dan berguna untuk keluarga dan lingkungannya.

Wafa Cucu juga berharap adanya bantuan dana untuk UMKM Rajutannya agar bisa semakin berkembang dan maju.

Baraya yang membutuhkan produk Rajutan dari UMKM kampung Tugu ini bisa menghubungi BarayaKita.com untuk dihubungkan dengan UMKM Rajutan pimpinan Ibu Wafa Cucu tersebut. (Edm)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × three =