LIGA 1: MADURA UNITED MENYUSUN RENCANA AWAY VIA JALUR DARAT

Madura United berusaha membuat program yang disesuaikan dengan lanjutan Shopee Liga 1 2020. Kompetisi kasta teratas di Indonesia itu bakal digelar secara luar biasa, lantaran masih di tengah pandemi COVID-19.

PT LIB selaku operator kompetisi telah membuat kebijakan kepada seluruh kontestan Liga 1 dengan meminta berkandang di Pulau Jawa. Selain itu, mereka juga memberi arahan bahwa laga tandang dilakukan dengan menggunakan jalur darat.

Kondisi ini cukup memberatkan mengingat klub-klub biasanya melakoni away dengan menggunakan moda pesawat. Apalagi, terdapat jarak tempuh stadion antarklub yang mencapai ratusan kilometer.

“Ini memang kompetisi extraordinary dengan semua partai dilakukan dengan kandang-tandang. Tapi tidak memakai transportasi pesawat, sehingga akan berat,” ungkap Rahmad Darmawan, pelatih Madura United.

“Karena akan banyak sekali pertandingan yang berselisihan tiga hari recovery. Itu belum dengan perjalanan bus,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai manajer tim tersebut.

Madura United semula akan tetap berkandang di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, dalam kompetisi yang dimulai lagi pada 1 Oktober 2020. Namun, stadion tersebut sedang direnovasi sebagai persiapan tempat latihan di Piala Dunia U-20 2021.

Berkandang di Stadion Gelora Delta

Tim berjulukan Laskar Sape Kerap itu akhirnya berkandang di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tempat yang sama juga menjadi kandang Persebaya Surabaya yang merupakan klub tetangga Madura United.

Mereka tidak mengalami masalah jika menjalani partai tandang masih di wilayah Jawa Timur. Sebut saja Arema FC (Malang), Persik Kediri, hingga Persela Lamongan. Namun, masalah jarak muncul saat harus bertandang ke Jawa Barat atau Jakarta.

Belum lagi, kompetisi yang hanya digelar selama lima bulan sampai Februari, memiliki jadwal yang padat. Setiap klub bertanding sebanyak 31 laga dalam rentang tersebut. Artinya, mereka bakal bertanding setiap 3-5 hari sekali.

“Saya sudah membayangkan. Paling tidak saya menyiapkan tim ini dengan semaksimal mungkin untuk semua pemain mendapatkan kesempatan dalam uji coba. Pekan ini kami mengadakan dua uji coba,” tutur Rahmad Darmawan.

 

Disadur : https://www.bola.com/indonesia/read/4351796/liga-1-madura-united-menyusun-rencana-away-via-jalur-darat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + fifteen =