LIGA 1 2020 BAGI PERSIB: TETAP TARGET JUARA

Persib Bandung menatap Liga 1 2020 dengan kesan kurang greget. Tim berjulukan Maung Bandung ini tidak jor-joran dalam merekrut pemain baru, walaupun manajemen tetap menargetkan juara atau setidaknya lebih baik dari musim 2019.

Musim 2019, Persib Bandung finis di posisi keenam dalam klasemen Liga 1 2019. Padahal targetnya adalah lima besar. Melesetnya target tersebut dimaklumi manajemen karena Robert Alberts datang persis ketika Liga 1 dimulai untuk menggantikan Miljan Radovic asal Montenegro.

Robert datang ke Persib memang awal musim 2019 dengan pemain yang sudah ada atas rekrutan Radovic. Memasuki putaran dua, Robert membuang tiga pemain asing, Arthur Gevorkyan, Rene Mihelic, dan Bojan Malisic.

Mereka diganti oleh Kevin van Kippersluis dan Nick Kuipers asal Belanda serta Omid Nazari, pemain asal Filipina kelahiran Swedia. Kehadiran tiga pemain baru itu membuktikan jika Persib tetap berada di papan atas.

Memasuki masa persiapan Liga 1 2020, Persib sedikit goyah setelah striker andalannya, Ezechiel N’Douassel memilih mundur. Tak hanya Eze, satu bek lokalnya Achmad Jupriyanto, juga memilih mundur.

Sedang Kevin van Kippersluis dan Hariono didepak dari kekuatan Persib oleh Robert Alberts. Persib pun mendatangkan enam pemain baru, dua diantaranya pemain asing yang belum berpengalaman di Liga Indonesia, yakni Wander Luiz (Brasil) dan Geoffrey Castillion (Belanda).

Empat pemain baru lainnya adalah Victor Igbonefo, Teja Paku Alam, Beni Oktovianto, dan Zulham Zamrun.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku semua rekrutan baru itu berdasarkan rekomendasi dari pelatih Robert Alberts.

“Kami berharap Persib bisa lebih baik lagi dibandingkan musim lalu. Bersyukur kalau kami bisa juara, tapi yang pasti tim manapun pasti ingin juara,” ucap Teddy.

Musim 2020 ini memang menjadi tantangan besar bagi Robert Alberts. Pelatih asal Belanda ini dituntut untuk membawa Persib lebih baik dari musim 2019, walaupun dalam perekrutan pemain baru, hanya Igbonefo dan Zulham yang sempat bersinar di kompetisi Indonesia.

Pelatih berusia 65 tahun ini sepertinya akan memunculkan beberapa pemain potensi yang kurang jam terbang pada musim lalu, semacam Bekcham Putra Nugraha, Abdul Aziz, Zalnando, dan Gian Zola Nasrulloh.

Namun, Persib Bandung masih memiliki pemain-pemain yang mumpuni seperti Nick Kuipers, Fabiano Beltrame, Omid Nazari, dan beberapa pemain lokal yang berpengalaman tinggi.

Profil Pemain Bintang: Febri Hariyadi

Febri Hariyadi masih menjadi pemain andalan di tubuh Persib Bandung. Pemain kelahiran Bandung, 19 Februari 1996, ini penampilannya semakin moncer bersama Persib, di mana pada musim 2019 ia menyumbang 9 gol.

Febri memang satu-satunya pemain binaan Persib yang bersinar bersama klub seniornya. Sebelumnya, pemain yang akrab disapa Bow ini berkarier di Persib junior pada 2010-2015. Musim 2016 hingga sekarang ia menjadi andalan di Persib senior.

Bahkan musim 2020 ini, ia tetap akan menjadi pemain andalan di sektor sayap kanan Maung Bandung. Kecepatan, assist, dan tendangan akuratnya masih tetap menjadi ancaman tim-tim lawan.

Robert Alberts memang pelatih yang memiliki jam terbang tinggi di kompetisi Indonesia. Ia pernah membawa Arema Malang juara Liga Indonesia pada musim 2009-2010 dan membawa PSM Makassar menjadi runner up Liga 1 2017.

Pengalaman tinggi yang dimiliki pelatih kelahiran Belanda, 14 November 1954, ini membuat Persib Bandung langsung mengontraknya dua musim dengan opsi perpanjangan satu musim.

Sayang, dalam mengawali musim 2019 lalu, Robert hanya bisa membawa Persib pada posisi enam besar di klasemen Liga 1 2019. Maka itu, musim 2020 menjadi tantangan besar bagi Robert. Terlebih ia langsung mengawal Persib sejak pramusim termasuk dalam perekrutan pemain baru.

Mampukah Robert Alberts membawa Persib lebih baik dari musim lalu atau bahkan juara, atau justru semakin terpuruk? Lihat saja nanti.

Komposisi Pemain

  • Kiper: I Made Wirawan, Teja Paku Alam, Dikha Bayangkara
  • Belakang: Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Fabiano Beltrame, Supardi Nasir, Ardi Idrus, Zalnando, Henhen Herdiana, dan Mario Jardel
  • Tengah: Omid Nazari, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi, Ghozali Siregar, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Gian Zola Nasrulloh, Beckham Putra Nugraha, Frets Butuan, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Erwin Ramdani
  • Depan: Wander Luiz, Geoffrey Castillion, Zulham Zamrun, Beni Oktovianto

Posisi Musim Lalu: 6

Prediksi Bola.com: Papan atas

Setelah satu musim membawa Persib Bandung berkompetisi, Robert Alberts tentu sudah sangat mengenal karakter Maung Bandung.

Berbeda dengan musim pertamanya, di mana Robert datang tepat sebelum Liga 1 2019 dimulai sehingga tidak bisa memilih sendiri pemain-pemain yang direkrutnya, kini pelatih asal Belanda itu mendapatkan kuasa penuh untuk merekrut pemain. Jadi, mantan pelatih Arema dan PSM Makassar itu wajib untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dari musim lalu.

 

Disadur : https://www.bola.com/indonesia/read/4183022/profil-klub-liga-1-2020-persib-tetap-target-juara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 8 =