LEO SAPUTRA CERITAKAN PERJUANGAN SEMBUH DARI COVID-19, SEMPAT MASUK ICU SELAMA 7 HARI

Video eks pemain Persija, Leo Saputra yang berjuang melawan COVID-19 sempat viral beberapa waktu lalu. Tampak eks pemain Persita itu sampai menggunakan bantuan selang pernapasan.

Kabar baiknya kini Leo Saputra sudah dalam kondisi baik. “Alhamdulillah tinggal recovery. Rasanya seperti makan Nano-nano (permen), campur-campur,” cerita Leo Saputra melalui channel YouTube JEBREEETmedia TV.

Leo Saputra berbicara seperti di atas lantaran memang harus melalui perjuangan panjang untuk bisa negatif dari COVID-19. Apalagi setelah dinyatakan negatif, ia sempat kembali positif.

“Tanggal 21 Desember (2020) tes masih negatif. Tapi kemudian tanggal 28 harus tes lagi karena ada teman yang positif,” Leo Saputra mengenang.

“Nah tanggal 29 dinyatakan positif. Tes selang seminggu, kemudian negatif pada 17 Januari (2021). Tanggal 20 Januari itu eror (drop) lagi, masuk Rumah Sakit Pondok Indah, tes positif lagi,” tambahnya.

Seperti kebanyakan penderita COVID-19 dalam kondisi berat, Leo Saputra yang merasakan gejala berupa sakit lambung dan usus juga sempat mengalami susah mencari kamar di rumah sakit.

“Alhamdullihan dapat kamar. Sempat alami susah masuk rumah sakit. Yang dialami orang-orang begitu sulit cari kamar di rumah sakit memang benar adanya,” Leo Saputra menjelaskan.

“Kalau yang masih meremehkan, perjuangan yang saya rasakan memang luar biasa (untuk melawan COVID-19),” tambahnya.

Masuk ICU Selama 7 Hari

Perjuangan terberat Leo Saputra sendiri terjadi ketika dirinya masuk ICU selama tujuh hari akibat COVID-19 ini. Kala itu ia merasakan segala sesuatunya dibantu oleh selang.

“Saya masuk ICU 7 hari dalam kondisi sadar. Ada memang yang disuntik untuk tidur. Saya tidak, tapi kabel-kabel itu nempel semua. Jadi makan, buang air sudah melalui selang semua,” kata Leo Saputra.

“Jadi memang benar-benar enggak bisa bangun. Memang suruh istirahat. Ya karena pengaruh obat, jadi saya lebih banyak tidur,” tambahnya.

Kisah Leo Saputra ini seakan semakin memperjelas, bahwa COVID-19 memang tidak boleh diremehkan sama sekali.

 

Sumber : Channel Youtube JEBREEETmedia TV

Disadur : http://baraya, barayakita, barayakita.com, shopee liga 1, liga 1 2020, sepak bola indonesia, dampak virus corona,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =