Kunci Menjaga Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita – Dokter Umum

 

Mudah lelah saat puasa adalah hal yang cukup normal dialami oleh semua orang, termasuk Anda. Akan tetapi, rasa lelah ini ternyata bisa diatasi, salah satunya dengan mengubah pola makan saat sahur dan berbuka. Ingin tahu lebih lanjut tips agar Anda tetap bugar saat menjalankan puasa?

Tips agar tetap bugar saat puasa

Salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan selama bulan Ramadhan adalah tetap makan. Makan? Tentu saja ketika sahur dan berbuka puasa. Ingatlah bahwa dengan berpuasa tidak akan menurunkan berat badan Anda, sehingga penting untuk menutrisi tubuh Anda dengan makanan sehat seperti biasanya.

Ini dia beberapa tips supaya Anda tetap bugar dan tidak mudah lelah saat menjalankan puasa.

1. Tidak melewatkan sahur

menu sahur untuk anak

Ingin badan tetap fit selama puasa? Jangan melewatkan sahur Anda. Entah itu karena malas atau sulit bangun. Sahur adalah elemen terpenting yang harus Anda lakukan sebelum menjalankan puasa.

Bagaimana Anda mau melewati hari tanpa merasa lelah selama puasa, jika melewatkan jam makan Anda?

Jika sudah masuk waktunya sahur, usahakan untuk mengisi perut Anda agar mendapatkan energi untuk hari itu. Eits, tapi jangan asal makan ya, berikut ini beberapa tips makan saat sahur agar badan Anda tetap bugar selama puasa.

a. Oatmeal

Panduan Diet Oatmeal

Oatmeal disarankan untuk dimakan saat sahur karena kandungan karbohidrat dan seratnya yang tinggi dapat membuat Anda kenyang, tanpa harus banyak makan. Selain itu, menu sarapan pagi ini juga kaya akan vitamin dan mineral.

Hal tersebut menjadikan oatmeal cocok sebagai benteng agar Anda tetap bugar selama bulan puasa.

b. Yoghurt

Masa sih mengonsumsi produk susu fermentasi ini bisa membuat Anda tetap bugar? Eits tunggu dulu, sebuah jurnal dari International Journal of Obesity menunjukkan bahwa yoghurt menggantikan lemak yang hilang dan mengurangi timbunan lemak selama pembatasan energi.

Hal tersebut membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan. Oleh karena itu, mengonsumsi yoghurt adalah salah satu cara ampuh untuk tetap bugar selama bulan Ramadhan.

c. Roti

roti gandum atau roti tawar putih

Makan roti ketika sahur ternyata juga baik untuk Anda yang menjalankan puasa. Pilihlah roti yang mengandung serat tinggi, seperti roti gandum. Cobalah untuk memakan roti dengan selai kacang atau pisang.

Setelah makan roti, usahakan untuk minum air putih yang banyak. Hal tersebut dikarenakan roti termasuk dalam makanan kering, sehingga dibutuhkan air untuk membantu proses pencernaannya.

2. Berbuka puasa secukupnya

Pada saat berbuka puasa, Anda pastinya ingin melahap semua makanan dan minuman yang ada di meja makan, karena tak tahan, bukan? Nah, bukannya ingin melarang untuk makan yang banyak, tetapi Anda sangat disarankan untuk makan dan minum secukupnya.

Menurut Dr.Hani Sabbour, konsultan kardiologi dari Abu Dhabi, orang yang menjalankan puasa tidak harus memenuhi asupan kalori standar mereka ketika berbuka. Walaupun manusia memiliki kemampuan untuk mengembungkan perut mereka dan banyak makan, hal tersebut justru berbahaya karena bisa membuat perut sakit dan heartburn.

Oleh karena itu, pada saat iftar atau berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini.

  • Minuman seperti air putih, susu, jus buah atau smoothies
  • Kurma
  • Buah
  • Sup

3. Tidur yang cukup

tips tidur nyenyak

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Akan tetapi, jika Anda menghabiskan waktu terlalu banyak beribadah, terkadang Anda bisa lupa terhadap kesehatan Anda. Bagaimana Anda bisa memperoleh keberkahan bulan ini bila sakit-sakitan?

Tidur adalah kebutuhan manusia yang sangat penting untuk menjaga kesehatan, terutama saat puasa. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan durasi tidur 6-8 jam agar tidak mudah lelah saat beraktivitas dan beribadah. Hal ini menjadi salah satu bagian penting dari tips agar tetap bugar saat menjalani puasa.

4. Banyak minum air putih

banyak minum air putih

Isi kebutuhan cairan Anda saat sahur dan berbuka, yaitu dengan minum air 8-12 gelas sehari. Hal tersebut akan menjaga Anda tetap terhidrasi selama puasa. Walaupun kolak pisang terasa menggiurkan, usahakan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum menyantap aneka minuman manis.

5. Olahraga ringan: jalan dan jogging

otot dipersiapkan untuk ikut lari maraton

Salah satu tips agar Anda tetap bugar saat puasa adalah berolahraga ringan, seperti jalan atau jogging. Hal ini bertujuan agar Anda tetap aktif dan menjaga kondisi tubuh saat Ramadhan. Tentu saja, pada saat puasa terdapat cara agar Anda tetap bisa berolahraga.

Mulai dari pemilihan waktunya, jenis olahraga, hingga pola makan harus diperhatikan.

Nah, itu tadi adalah tips agar Anda tidak mudah lelah dan tetap bugar saat puasa. Cobalah untuk mengikuti cara-cara tersebut agar dapat menjaga kesehatan dengan baik selama puasa. Apabila Anda masih merasa lemas dan tidak enak badan, silahkan periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatannya.

SUMBER :https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/tips-bugar-saat-puasa/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 1 =