KERONCONG YOGJAKARTA MENANGI LOMBA KERONCONG DI SURAKARTA

Surakarta,BarayaKita
Orkes Keroncong Adigita Gama – Yogyakarta, akhirnya berhasil membawa pulang Piala Bergilir Walikota Surakarta, pada “Lomba Grup Keroncong Terbuka”, yang digelar di Pendapa Kecamatan Laweyan Kota Surakarta, Jumat malam 29/11/2019. Para alumni UGM yang hobi berkeroncong itu, berhasil singkirkan sembilan (9) group/ Orkes Keroncong lainnya dari Jawa Timur, DI.Yogyakarta dan Jawa Tengah. Untuk urutan pemenang Lomba, masing – masing diantaranya adalah ; Juara 2 – OK. Bali Nada Surakarta, Juara 3 – OK. Baron Nada Surakarta. Sementara untuk Harapan 1 – OK. Flamingo Yogjakarta, Harapan 2 – OK. Wong Pitoe Salatiga dan Harapan 3 – OK. Pandan Sejati Surakarta. Selain memperebutkan piala bergilir, thropi dan piagam penghargaan, panitia juga menyerahkan sejumlah uang pembinaan kepada para pemenang lomba.

Ketua Hamkri Surakarta- Wartono, yang juga Panitia Lomba kepada keroncong.id dan radiokeroncong.id menjelaskan, peserta yang berpartisipasi memang ada dari Surakarta, Kartasura, Salatiga, Sukoharjo (Jawa Tengah), tiga grup dari DI.Yogjakarta dan satu peserta dari Kota Blitar – Jawa Timur.

Dihadapan tiga orang juri yang berkompetensi pada music keroncong (Sapto, Dannies dan Kecuk) peserta wajib membawakan lagu (asli) Krc.Nusantara Indah Cipt : Kelly Puspito dan memilih lagu pilihan dengan aransement. Lagu pilihan tersebut diantaranya ; 1 .Lgm. Karangan Bunga Dari Selatan – Cipt : Ismail Mz, 2. Lgm. Tembang Pahlawan – Cipt : Budiman BJ, 3. Lgm. Pahlawan Merdeka – Cipt : Ismail Mz, dan 4. Lgm. Rangkuman Kusuma Negara – Cipt : Marjo Kahar.

Benny Patria dari Orkes Keroncong Irama Patria Blitar mengatakan, meski grup-nya tak memenangkan lomba, keikutsertaannya dalam Lomba Terbuka ini untuk memotivasi dirinya dan kelompoknya, dalam melestarikan dan mengembangkan keroncong yang telah digeluti beberapa tahun ini di Blitar. “Selain itu, kami ingin silaturahmi juga dengan sesama krontjongers. Yang paling utama, melalui lomba ada pembelajaran disana”, tegas Benny yang ditemui usai pengumuman lomba dilokasi acara. (gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 6 =