KENDURI KERONCONG 3 BERSAMA INDRA UTAMI TAMSIR

Perhelatan “Kenduri Keroncong” kembali digelar di Sasana Pertemuan Hotel Citra Alam Demak, Sabtu 26 Oktober 2019. Kenduri Keroncong yang tahun ini memasuki helaran ke – 3 sejatinya acara rutin yang digelar sejak 2011 silam, berupa silaturahmi pegiat, pemerhati dan penggemar keroncong dari berbagai kalangan dan beragam latar belakang serta daerah asal. Acara tahunan yang yang diinisiasi gerakan moral – Krontjongers Indonesia ini, telah berlangsung lebih dari 6 x dengan tema yang selalu berbeda. Namun demikian, tiga tahun belakangan ini dibakukan menjadi “Kenduri Keroncong” (KK). Ide pelaksanaan KK berawal dari pertemuan Prilastono Nugroho yang membidani lahirnya Orkes Keroncong Gita Citra Alam (GCA) dengan Krontjongers Bandung – G.Partho, yang ingin menggelar perhelatan keroncong, sebagai ungkapan syukur hari jadi terbentuknya OK.GCA. Sejak 8 tahun lalu, mulailah digelar acara dengan kali pertama bertajuk “Keroncong Saba Pantura” pada 16 Oktober 2011. Kenduri Keroncong, menjadi penanda peringatan sekaligus perayaan hari jadi/ ulang tahun GCA dan bahkan disusul generasi penerusnya yaitu Tjong Young GCA. Orkes Keroncong Gita Citra Alam terbentuk melalui proses yang panjang pada 2006 – 2007, disusul Tjong Young (Keroncong Muda GCA) pada 2016.

Tahun lalu dan dua tahun sebelumnya, helaran Kenduri Keroncong dihadiri pegiat dari berbagai daerah dan kota, bahkan luar Jawa Tengah. Mereka berkumpul berdiskusi mengenai hal – hal terkait keroncong diantara komunitas, dan yang utama silaturahmi. Selama hampir satu dasawarsa itu, direkam dan didokumentasikan berbagai persoalan terkait keroncong. Sharing dari kelompok tua (senior) kepada yang muda bahkan mereka yang baru belajar. Dari rekaman dan data yang dihimpun itu, memunculkan ide untuk diagendakan pada 2020 mendatang, berupa Konggres Pemoeda Krontjongers Indonesia. Rancangan konsep awal penyelenggaraan akan didiskusikan pada Road To Konggres Pemoeda Krontjongers 2020, rangkaian Kenduri Keroncong, Sabtu Siang mulai pukul 13.00.

Kenduri Keroncong pada Sabtu malam, dimulai pukul 19:30 WIB. Sebelum penampilan music, diadakan soft launching website “ www.keroncong.id “ . Situs yang dibangun Krontjongers Indonesia Semarang – Ibnu Amar itu berisi bank data dan informasi musik keroncong. Acara akan dipuncaki dengan penampilan Orkes Keroncong GCA dan Tjong Young GCA. Tampil pula bintang tamu Indra Utami Tamsir (IUT). IUT pernah dinobatkan sebagai penyanyi keroncong terbaik Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2013. Pada AMI Awards yang kembali akan digelar pada 28 November 2019 mendatang, IUT kembali masuk nominasi Karya Produksi Kroncong/ Kroncong Kontemporer/ Stambul/ Langgam Terbaik ; dengan lagu Kr. Citra Pahlawan. Selain penampilan GCA dan Tjong Young serta IUT, sejumlah tokoh senior keroncong dan pemusik, akan ngejams bersama. Yuk datang ke Kenduri Keroncong 3 di Sasana Pertemuan Hotel Citra Alam Jln. Bhayangkara Demak. Gratis Terbuka Untuk Umum – Disiapkan bermacam Doorprize. (gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − four =