KAWAH TANGKUBAN PARAHU, BANDUNG – SUBANG

Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di daerah Bandung dan sekitarnya . Wajar saja sih, hal ini dikarenakan pemandangan seputar gunung dan kawah Tangkuban Parahu yang indah dan memanjakan mata.

Gunung tangkuban parahu seolah-olah menjadi tempat yang wajib anda kunjungi kalau berlibur di Bandung. Tempatnya mudah dijangkau dan cukup unik lho. Kawah utama disini, kawah ratu, luas sekali. anda bisa menikmati pemandangan sekitarnya langsung dari bibir kawah.

Legenda Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu dikenal dalam legenda rakyat Jawa barat yang termashur, yaitu legenda Sangkuriang dan Dayang sumbi. Gunung ini disebut sebagai tangkuban parahu ( perahu terbalik) karena memang jika dilihat dari jauh terlihat seperti perahu yang terbalik. Anda bisa melihat bentuk ini dengan jelas dari daerah Maribaya Lembang.

Cerita rakyat tangkuban parahu ini cukup dikenal di Jawa barat. Cerita tangkuban parahu mengisahkan tentang Sangkuriang, seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumbi. Agar keinginan Sangkuriang tidak terlaksana, Dayang sumbi mengajukan syarat untuk dibuatkan telaga dan perahu dalam satu malam. Dengan disertai usaha dari Dayang Sumbi, akhirnya sangkuriang gagal memenuhi syarat tersebut. Sangkuriang kemudian melampiaskan kemarahannya dengan menendang perahu yang baru setengah jadi.

Menurut legenda, perahu yang ditendang oleh Sangkuriang mendarat terbalik, dan menjadi gunung tangkuban parahu. Tunggul dari pohon yang ditebang dan dibuat menjadi perahu berubah menjadi gunung bukit tunggul.

Lokasi Tangkuban Parahu

Kompleks wisata kawah Gunung Tangkuban parahu berada di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, tepatnya setelah Cikole Lembang. Daerah wisata ini mudah sekali untuk di akses.

Cara Menuju Lokasi

Jalan dari Bandung sampai ke lokasi kawah sudah bagus. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan rute Bandung – Lembang – Ciater . Anda tinggal mengikuti jalan Setiabudhi menuju ke Lembang, dan belok kanan ke arah Subang dari bunderan Lembang. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena banyak rambu informasi disepanjang jalan.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkutan kota Stasiun Hall – Lembang, berhenti di terminal Lembang, dan di sambung dengan angkot lembang – cikole .

Alternatif lainnya adalah dengan naik elf atau angkutan sejenis ke arah subang dari terminal ledeng di jalan setiabudhi bandung atau dari terminal lembang.

Dari arah Bandung, nanti anda akan menemukan jalan masuk ke Tangkuban Perahu di sebelah kiri jalan tepat setelah hutan pinus Cikole (area Grafika Cikole) . Untuk lebih mudahnya anda bisa melihat peta di bagian bawah artikel ini . Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan angkutan khusus yang akan membawa anda ke lokasi dari gerbang masuk.

Dari gerbang masuk menuju ke kawah, anda masih harus menempuh jarak sekitar 3 KM.

Akomodasi

Tidak terdapat hotel atau tempat menginap didalam kompleks wisata gunung Tangkuban Parahu . Tapi anda bisa dengan mudah menemukan penginapan dan hotel yang tidak jauh dari lokasi. Anda bisa mencari penginapan di daerah Lembang yang terletak dekat dengan lokasi.

Jangan khawatir jika merasa lapar atau haus, banyak pedagang dan kantin tempat istirahat yang menyediakan makanan dan minuman. Kelengkapan lain seperti Masjid dan kamar kecil tersedia cukup banyak dan bersih . Sarana parkir juga tersedia cukup luas. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda bisa langsung parkir di dekat kawah tangkuban parahu sehingga tidak perlu berjalan jauh untuk menuju lokasi.

Jika rombongan dengan kendaraan besar/bis, area parkir khusus mobil besar terletak kurang lebih 200 meter sebelum kawah ratu.

Harga Tiket Masuk Tangkuban Parahu

Tiket masuk kawah areal tangkuban parahu kami pikir termasuk relatif mahal. Harga tiket tangkuban perahu dimulai dari 20 ribu pada hari biasa dan 30 ribu di weekend dan hari libur untuk pengunjung Nusantara. Sedangkan untuk pengunjung manca negara mulai dari 200 ribu di hari biasa sampai dengan 300 ribu di weekend.

Terakhir berkunjung kesini hari Rabu 11 Desember 2015 ( libur pilkada serentak), kami menghabiskan Rp 77 ribu rupiah untuk tiket 2 orang+motor. Dan masih harus ditambah lagi dengan tiket parkir sebesar Rp 5000.

Tempat Wisata di Lokasi

Anda bisa menikmati pemandangan di area kawah dan sekitarnya, hiking ringan mengitari kawah, dan juga berendam lumpur belerang di kawah domas. Beberapa lokasi menarik di area ini;

Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan kawah utama di sini. Ukurannya luas sekali dan bisa dikatakan objek wisata utama dari kompleks wisata tangkuban parahu. Anda bisa langsung memarkir kendaraan di bibir kawah, jadi tidak perlu berjalan jauh untuk menuju lokasi.

Jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang, atau ingin sekedar ngopi santai sambil menikmati pemandangan bibir kawah, anda bisa berjalan sedikit menuju ke area sebelah kanan dari parkiran di kawah ratu. Suasana disana jauh lebih tenang. Selain itu terdapat banyak warung dan bangku dipinggir kawah untuk tempat anda ngopi dan istirahat.

Jalan disana cukup unik lho ( instagrammable :p ). Anda bisa menemukan jalan dengan pepohonan rindang berwarna hitam dikiri kanan. Jika beruntung, bisa melihat beberapa ekor lutung yang sedang bermain disana.

Kawah Upas

Kawah upas merupakan kawah kecil yang berada dibagian atas dari kawah ratu. Sayangnya, akses menuju kawah upas ditutup oleh pengelola karena relatif berbahaya untuk pengunjung.

Kawah upas terletak di ujung jalan di sebelah kanan area kawah ratu (jika dari area parkir).

Cikahuripan

Merupakan sumber air yang dipercaya berkhasiat di tangkuban perahu. Letaknay sedikit masuk ke hutan, anda harus hiking mengikuti jalan setapak beberapa ratus meter dari gerbang kawah upas. Cikahuripan sering dikunjungi oleh orang-orang dengan niatan/kepercayaan tertentu.

Kawah Domas

Sebetulnya, di area tangkuban parahu juga terdapat kawah lain yang layak untuk dikunjungi yaitu kawah domas. Di area kawah ini anda bisa berendam lumpur belerang, karena memang kawahnya bisa didatangi langsung oleh pengunjung. Anda perlu hiking terlebih dahulu sebelum sampai ke lokasi.

Jika berminat menuju kawah domas, disarankan untuk menuju lokasi dari gerbang khusus kawah domas, kira2 1 KM setelah gerbang masuk kompleks tangkuban parahu (terletak sebelah kanan jalan). Jika dari kawah ratu (kawah utama tkb perahu) anda harus jalan menuruni tangga yang tersedia, dan terpaksa naik lagi tangga tersebut saat pulang. Lumayan lho, anda akan menempuh kurang lebih 1 KM turun naik tangga jika menuju kawah domas dari area kawah ratu.

Di sadur : https://www.nativeindonesia.com/wisata-bandung-kawah-tangkuban-perahu/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 1 =