KAPOLRES CIMAHI : JALAN TIDAK DIBLOKIR TOTAL, WARGA PELANGGAR PSBB BAKAL DIBERI BLANGKO TEGURAN

Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki menegaskan tidak ada penutupan ruas jalan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung mulai Rabu 22 April 2020. Penyekatan diterapkan untuk memastikan masyarakat menaati aturan selama PSBB agar bisa efektif menekan kasus penularan corona virus disease (Covid-19).

“Kita tidak menutup akses jalur lintas, tidak menutup sama sekali. Boleh melintas tapi ikuti aturan,” ujarnya.

Yoris menyatakan, di wilayah hukum Polres Cimahi meliputi Kota Cimahi-Kabupaten Bandung Barat-Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung pihaknya menyiapkan 5 pospam dan 31 check point. Sebanyak 330 personil Polres Cimahi dikerahkan untuk pengamanan PSBB.

“Kita membuat posko gabungan untuk Polres Cimahi-Kodim 0609-pemerintah bergabung semua instansi. Di titk checkpoint ada pemeriksaan agar warga menaati aturan,” ucapnya.

Aturan yang berlaku di antaranya wajib mengenakan masker, membatasi penumpang pada kendaraan roda empat maksimal 50%.

“Untuk sepeda motor dilarang berboncengan kecuali beralamat sama. Ojek online hanya boleh antar barang, dilarang ambil penumpang. Hal ini sudah kita sampaikan ke manajemen ojek online,” katanya

Apalagi, Peraturan Wali Kota Cimahi-Peraturan Bupati Bandung Barat terkait pelaksanaan PSBB sudah terbit.

“Perwal-Perbup sudah ada. Saat ini kami bersama pemerintah dan TNI konsolidasi terus agar PSBB bisa berjalan sukses,” ungkapnya.

Meski demikian, sanksi yang diberikan baru sebatas teguran.

“Kami siapkan blangko teguran bagi warga yang menyalahi aturan seperti berkerumun di tempat umum, berada di luar rumah tanpa masker. Supaya masyarakat tidak kaget sambil jalan disosialisasikan 3 hari pertama, setelah itu mengacu ke aturan,” jelasnya

Razia malam juga terus berlangsung selama PSBB. “Kerumunan di malam hari akan dibubarkan, terus kita operasi malam,” imbuhnya.

PSBB wilayah Bandung Raya berlangsung 14 hari mulai 22 April-6 Mei 2020.

“Aturan berlaku 24 jam selama 14 hari. Yang beda ya masyarakat wajib menaati aturan,” tandasnya

 

Disadur : https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01369772/kapolres-cimahi-jalan-tidak-ditutup-warga-pelanggar-psbb-bakal-diberi-blangko-teguran?page=2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 2 =