JELANG LIBURAN NATARU, BNNK CIAMIS TES UNRINE AWAK BUS

Ciamis,BarayaKita
Memasuki liburan panjang Natal & Tahun Baru (Nataru), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis, Polres Ciamis, Dinas Perhubungan (Dishub) dan TNI, kembali melakukan razia mendadak di Terminal Ciamis, Selasa 10/12. Selain memeriksa kendaraan/angkutan, tim gabungan memeriksa kondisi kesehatan sopir bus/ angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan melakukan tes urine, pemeriksaan kesehatan fisik dan psikis.

Setiap AKDP/AKAP yang masuk Terminal Ciamis langsung diberhentikan petugas gabungan. Awak angkutan diminta menunjukkan kelengkapan surat kendaraan. Sementara petugas Dinshub lakukan cek kelaikan bus, dan petugas BNN menyilakan pengemudi lakukan tes urine dan cek kesehatan.

“Pemeriksaan test urine dilakukan untuk mengetahui penggunaan obat terlarang oleh pengemudi yang bisa bahayakan keselamatan penumpang,” kata Kasi Berantas BNN Kabupaten Ciamis Kompol Ricky Lesmana di sela – sela razia.

Lebih lanjut Ricky menjelaskan, ”Jelang libur panjang nataru biasanya terjadi akumulasi peningkatan jumlah penumpang dan mobilitas kendaraan yang liburan dan pulang kampung. Untuk antisipasi adanya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan faktor human error, bisa jadi badannya kurang fit atau karena pengaruh obat- obatan atau bahkan narkotika, maka kami berkewajiban lakukan pemeriksaan, sekaligus pencegahan peredaran narkotika di kalangan sopir angkutan”.

Terkait dengan razia dan pemeriksaan hasil tes urine, tak ditemukan sopir yang menggunakan narkotika atau obat – obatan terlarang. Hanya ada beberapa sopir yang alami tekanan darah di atas normal, sehingga dihimbau beristirahat cukup dan tak memaksakan diri melanjutkan perjalanan. Sementara hasil razia kendaraan, terdapat lima armada bus yang diamankan pertugas, karena kondisinya tak laik jalan. (ast-gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 5 =