JELANG HARI JUANG TNI AD, KODAM III SILIWANGI GELAR BAKTI SOSIAL

Garut,BarayaKita
Panglima Kodam III/ Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A. mengatakan, kemanunggalan TNI dan rakyat adalah modal dasar yang sangat ampuh dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Tanpa kemanunggalan TNI dan rakyat, maka segala tugas yang dibebankan Negara kepada TNI tak akan berhasil. Karena-nya melalui berbagai kegiatan yang melibatkan potensi pemerintahan dan masyarakat, akan dipelihara dipertahankan dan ditingkatkan oleh TNI. Demikian beberapa inti sambutan yang disampaikan Nugroho pada kegiatan ‘Bakti Sosial dalam rangka Hari Juang TNI AD – 74 dan Penutupan Bakti TNI KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) Kesehatan Terpadu Kodam III/ Siliwangi tahun 2019’ di alun – alun Garut, Rabu 11/12.

Pada bagian akhir sambutannya Pangdam III/Siliwangi menyampaikan, “ kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bakti yang dilaksanakan oleh Kodam III/Siliwangi hari ini, dapat terwujud berkat jalinan dan kerjasama yang harmonis dengan instansi dan pihak-pihak yang mempunyai kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam membantu meringankan beban masyarakat yang kebetulan mengalami kekurangan, baik dari segi kesehatan maupun dari segi pemenuhan kebutuhan hidup”.

Sebagai informasi, sebelumnya, pada rangkaian kegiatan jelang Hari Juang TNI AD Kodam III/Siliwangi menggelar bakti sosial berupa pelayanan kesehatan pengobatan massal gratis, donor darah, pelayanan KB dan pemberian bingkisan kepada masyarakat bertempat di Pendopo Bupati Garut. Juga, bakti sosial yang dimulai pada tanggal 06 hingga 08 Desember 2019 lalu, bekerjasama dengan Yayasan Budha Tzu Chi di Rumah Sakit – Unggul Karsa Medika Bandung, berupa Operasi Katarak pada 128 pasien, operasi hernia 55 pasien, operasi bibir sumbing 10 pasien, operasi minor 42 pasien dan KB Kes bekerjasama dengan BKKBN serta pembagian 2.000 paket sembako. Ditempat lain, di wilayah Kodim 0602/Serang (Banten) meliputi pelayanan kesehatan umum 85 orang, donor darah 62 orang, pembagian 100 paket sembako dan khitanan massal 27 orang, digelar di Aula Denkesyah Serang Banten.

Sementara, menyambut Hari Juang TNI AD, Karya Bakti yang dilaksanakan di Wilayah Garut diantaranya berupa rehabilitasi Masjid di Rancabango dan pembersihan secara massal di lapangan olah raga Kerkhof. Selain itu di wilayah Kabupaten Sukabumi dilaksanakan kegiatan konservasi dan pembersihan pantai oleh Kodim 0622/Kab. Sukabumi bersama masyarakat.

Kaper BKKBN Prov Jabar : Sumbangsih TNI pada KKBPK sangat besar
Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat – Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd ditemui ditempat yang sama mengatakan, kegiatan Bakti TNI KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) Kesehatan Terpadu adalah kegiatan yang dicanangkan dan dilaksanakan secara nasional, tingkat provinsi hingga Kabupaten – Kota, se-Indonesia. Agenda tahunan yang dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Oktober tersebut, merupakan komitmen antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Pemerintah, dalam hal hal ini Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dalam capaian program KKBPK. Menurut Teguh, melalui kegiatan ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kolaborasi lintas sektor, terutama dalam memperkuat Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga kepada masyarakat. Agar semakin meningkatkan kecintaan dan kemanunggalan TNI bersama rakyat. “Sumbangsih TNI pada program KKBPK terbilang sangat tinggi. Angkanya sentuh 25 hingga 30 %. Apalagi pada pelaksanaannya berjalan 3 hingga 5 bulan. Maka, bisa dipastikan kontribusinya sangat efektif. TNI juga miliki Babinsa (Bintara Pembina Desa), sehingga berbagai program KKBPK bisa disampaikan pada masyarakat tingkat bawah di pedesaan sekalipun”, pungkas Teguh.

Terkait Penutupan Baksos dan Karya Bakti, kegiatan dihadiri Gubernur Jabar yang diwakili Sekretaris Dinas Sosial Prov. Jabar, Irdam III/Slw, Asrendam III/Slw, para Danrem, Bupati Garut , para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalakdam III/Slw, Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi dan pengurus Persit PD III/Slw serta para Komandan satuan jajaran Kodam III/Slw. Dari jajaran BKKBN hadir Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta drg. Widwiono, M.Kes dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat. (st-gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + nineteen =