HARGA EMAS TEMBUS Rp1 JUTA, WAKTUNYA JUAL EMAS

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp25.000 pada perdagangan hari ini, Selasa (28/7) menjadi Rp1.022.000 per gram dari perdagangan kemarin di Rp997.000 per gram. Harga emas pecah rekor tembus angka Rp1 juta per gram setelah mengalami tren kenaikan dalam beberapa hari terakhir.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, menjelaskan lonjakan harga emas tak terlepas dari kondisi global akibat pandemi Covid-19. Kondisi itu secara otomatis membuat pelaku pasar mengamankan dananya pada produk investasi yang lebih aman (safe haven), yakni ke instrumen emas.

Dia mengatakan, kenaikan terjadi saat ini justru sangat wajar. Sebagai pelaku pasar dirinya melihat kenaikan ini justru harus direspon hati-hati. Jangan sampai tren kenaikan ini justru membuat masyarakat memborong logam mulai di harga tertinggi. Sebab itu sangat berbahaya.

Dia menyarankan, dengan tren penguatan harga emas, baiknya masyarakat berbondong-bondong untuk melakukan penjualan. Dengan begitu harga diperkirakan bisa akan turun. Setelah harga emas kembali di level Rp800.000-an baru investor melakukan pembelian.

“Kita harus ingat, bahwa harga beli dan jual, gapnya 100 ribu. Seandainya harga saat ini investor beli harga 1 juta itu sebenarnya harganya 900, sehingga untuk sampai BET itu harus di Rp1.100,” kata dia.

Dia menekankan jangan sampai kejadian di 2011 terulang kembali. Di mana saat itu harga emas internasional tembus mencapai Rp1.9 juta kemudian investor melakukan pembelian secara besar besaran. Setelah itu profit harga emas malah anjlok mendekati Rp1,2 juta.

“Ini malah akibatkan kerugian cukup besar pada pelaku pasar. Kami memberikan imbauan terhadap pelaku pasar, untuk saat ini lihat saja. amati, awasi, nanti pas ada taking profit di level 800 ribu per gram, itu saat yang tepat lakukan pembelian,” tandas dia.

 

Sumber : https://www.merdeka.com/berita-hari-ini/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =