GAGAL KANTONGI LISENSI KLUB AFC, MADURA UNITED EVALUASI INTERNAL

Madura United menjadi satu di antara beberapa klub Indonesia yang gagal mendapatkan lisensi klub profesional AFC. Hanya ada tujuh klub yang mendapatkan lisensi tersebut. Ini menjadi pertama kalinya bagi Madura United gagal mengantongi lisensi klub AFC dalam tiga tahun terakhir.

Tujuh klub yang mendapatkan lisensi klub profesional AFC tahun ini adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, Arema FC, dan Persija Jakarta. Madura United pun menyadari kondisi ini perlu mendapatkan perhatian. Ada sejumlah hal yang harus mendapatkan pembenahan.

“Fokus Madura United adalah melakukan pembenahan infrastruktur dan youth development, sebagai evaluasi terbesar dari gagalnya Madura United mendapatkan lisensi AFC,” ujar Ziaul Haq, Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu.

“Saat ini Madura United sedang membangun tempat pemusatan latihan dan sedang mengirimkan beberapa orang untuk meningkatkan lisensi kepelatihan,” imbuh pria asal Pamekasan itu.

Mengenai AFC Club Licensing

AFC Club Licensing adalah proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional. Ada lima kriteria penilaian, yakni dari sisi olahraga, infrastruktur, personel, dan administrasi, legal, dan keuangan.

Artinya, ada aspek yang kurang sesuai sehingga Madura United tidak lagi mendapatkan lisensi tersebut. Sementara itu, lisensi klub AFC ini juga tidak berdampak kepada klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu karena posisi mereka di klasemen Liga 1 2019 tidak menguntungkan.

Madura United hanya berhasil finis di peringkat kelima dalam klasemen akhir. Artinya mereka tetap tidak akan bisa tampil di kompetisi level Asia musim depan meski musim ini mengantongi lisensi tersebut.

Sementara itu, slot klub yang akan bertanding di Piala AFC 2021 sudah ditentukan oleh PSSI belum lama ini. Hasilnya, Bali United dan Persija Jakarta bakal tampil di ajang tersebut dengan status kampiun Liga 1 2019 dan runner-up Piala Indonesia 2018/2019.

 

Disadur : https://www.bola.com/indonesia/read/4437177/gagal-kantongi-lisensi-klub-afc-madura-united-evaluasi-internal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − nine =