DAMPAK COVID-19, PELAKU BISNIS ISP MENJERIT

Bandung,BarayaKita– Dampak pandemik Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini sangat di rasakan sekali pengaruhnya  oleh para pelaku bisnis Internet Service Provider (ISP).

Para pelaku bisnis ISP merasakan dampak langsung dari adanya pandemi covid-19, hal ini disebabkan karena para pelanggan ISP terutama ISP Swasta yang kebanyakan pelanggannya adalah Hotel, Mall dan perkantoran saat ini banyak yang tutup sehingga berimbas pada pemakaian internet yang juga turut menurun bahkan terhenti sama sekali.

Dengan tutupnya perkantoran, hotel dan pusat pusat perbelanjaan tentu membuat Para pelaku bisnis ISP menjerit karena merasakan penjualan yang terus menurun dan mungkin hanya sebagian ISP besar yang melayani penjualan untuk publik atau masyarakat umum yang masih bisa menikmati penjualan produknya.

Beban berat yang di hadapi oleh ISP selain pendapatannya menurun karena tutupnya usaha dari para pelanggannya yaitu Hotel, Mall atau perkantoran, ISP juga dihadapkan dengan beban bayar kepada vendor dan tenaga kerja.

Para pelaku Usaha ISP melalui APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tentu berharap harap cemas jika kondisi ini terus berlanjut beberapa bulan kedepan bukan tidak mungkin para pelaku bisnis ISP akan gulung tikar karena tidak sanggup untuk menutupi biaya operasional perusahaannya karena penjualan yang terus menurun. Para pengusaha ISP melalui APJII tentu berharap ada solusi dari pemerintah sebelum para pengusaha ISP lebih terpuruk dan jika ini terjadi bukan tidak mungkin ribuan bahkan jutaan pekerja yang menggantungkan hidupnya pada ISP akan mengalami PHK besar besaran. Semoga pemerintah secepatnya mencari solusi bagi para pengusaha ISP.

Berikut ISP yang mengalami dampak akibat Covid-19

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − one =