CURUG MALELA, BANDUNG BARAT

Air Tejun Malela Bandung adalah salah satu lokasi wisata alam yang ada di bandung yang bisa menjadi pilihan terbaik buat tujuan wisata anda saat berlibur.
Dan untuk itulah, blog Tempat Wisata Di Bandung asuhan kang dian ini, kali ini akan memberikan penjelasan singkat tentang Curug Malela ,
yang bisa menjadi referensi berlibur anda ke lokasi wisata air terjun yang ada di Bandung bersama keluarga, sahabat atau pasangan.
Curug Malela atau dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela memiliki sumber air terjun yang  berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng, yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati dan kemudian mengalir melintasi sungai cidadap – Gunung Halu.

Air sungai ini cukup deras dan jika kita sedang beruntung, maka kita bisa melihat ratusan ekor monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) yang sedang minum air di bawah Curug Malela.
Curug Malela Bandung yang memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar curug yang mencapai 70 meteran,

Air Terjun ini memiliki 5 buah jalur air terjun yang akan tampak sekali keindahan serta kemegahannya yang sangat mempesona siapa pun yang melihatnya,
terlebih di saat debit air sungai yang menuju lokasi air terjun ini sedang banyak serta mengalir deras melintasi air terjun ini.

AIR TERJUN DI SEKITAR CURUG MALELA

Curug Malela sendiri adalah merupakan lokasi air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air terjun sepanjang 1 km yang berada desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Dan jika diurutkan, maka urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan ditutup dengan Curug Pameungpeuk, dan yang unik serta menariknya adalah setiap setiap air terjun di atas tersebut menawarkan daya tariknya sendiri – sendiri.

contohnya Curug Katumiri jika anda saksikan keindahannya sekitar pukul 08.00 – 09.00 akan mempertontonkan pelangi di badan air terjunnya laksana Curug Pelangi Cimahi yang terkenal itu.

sementara Curug Ngebul justru kebalikan dari Curug Malela, dimana air yang jatuh ke bwah justru berkumpul dan menciptakan efek kabut dan suara yang menggelegar akibat begitu deras airnya.

Lalu untuk Curug Manglid keunikannya air terjun ini memiliki goa tepat di bagian belakang air terjunnya.

selanjutnya Curug Sumpel kekhasannya adalah air terjun ini memiliki daerah di bawah air terjun yang lebar meski terlihat sempit dari kejauhan.
dan untuk Curug Palisir sendiri jika anda perhatikan maka sangat mirip dengan karakteristik Curug Malela meski dengan ketinggian air terjun yang lebih rendah.

Dan terakhir, Curug Pameungpeuk adalah air terjun dengan muara antara Sungai Cidadap dan Cisoka yang terletak tidak jauh dari air terjunnya.
Perlu anda ketahui, sebenarnya di daerah Kecamatan Rongga ini masih terdapat beberapa objek wisata curug yang tidak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi, diantaranya Curug Buana, lalu ada Curug Cilinggapayung serta Curug Nyandung, namun tantangannya, untuk mencapai lokasi kedua air terjun ini kita harus melewati medan yang berat.

AIR TERJUN DI BANDUNG TERSEMBUNYI YANG SANGAT INDAH

Baraya, Curug Malela apabila dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti kilauan benang-benang sutra halus yang bersinar.
Di pinggir bagian kanannya anda bisa melihat bentuk tebing yang cukup tinggi nan eksotis berwarna putih yang mengarah ke bawah air terjun.
yang menawarkan daya tarik eksotisme keindahan sebuah objek wisata Air Terjun di Bandung yang masih misterius hingga saat ini , yaitu Curug Malela.
Nah lalu seperti apakah daya tarik serta fasilitas wisata apa saja yang hendak ditawarkan oleh Curug di Bandung ini kepada setiap pengunjungnya ?

selanjutnya seperti apa sih cerita Misteri Curug Malela maupun Mitos Curug Malela sehingga tempat wisata di bandung ini begitu sangat fenomenal selama ini ? kemudian dimanakah Alamat Curug Melela atau Lokasi Curug Malela dan bagaimana cara mengakses Rute Jalan Menuju ke Curug Malela jika kita tertarik datang mengunjunginya ?

Curug Malela Bandung

Source Image Curug Malela Bandung By Yani’s Collection

DAYA TARIK WISATA CURUG MALELA DI BANDUNG

Baraya, Curug Malela atau dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela memiliki sumber air terjun yang  berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng, yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati dan kemudian mengalir melintasi sungai cidadap – Gunung Halu.

Air sungai ini cukup deras dan jika kita sedang beruntung, maka kita bisa melihat ratusan ekor monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) yang sedang minum air di bawah Curug Malela.

Curug Malela Bandung yang memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar curug yang mencapai 70 meteran, Air Terjun ini memiliki 5 buah jalur air terjun yang akan tampak sekali keindahan serta kemegahannya yang sangat mempesona siapa pun yang melihatnya, terlebih di saat debit air sungai yang menuju lokasi air terjun ini sedang banyak serta mengalir deras melintasi air terjun ini.

AIR TERJUN NIAGARA MINI-NYA INDONESIA

Curug Malela

Baraya,  bagi sebagian wisatawan yang pernah mengunjungi dan menikmati keindahannya, air terjun ini pun populer dengan julukan Air Terjun Niagara Mini nya indonesia, Kenapa demikian ?

Karena di lokasi Wisata Curug Malela Bandung ini, kita bisa menikmati pesona keindahan air terjun setinggi 60 – 70 meter meter dengan lebar mencapai 50 meter, menariknya pengunjung bisa bermain di sepanjang aliran sungai di bawah air terjun, seperti berenang dan menikmati sentuhan butiran air terjun yang seperti kabut yang melayang.

Nah baraya, itulah beberapa hal menarik yang menjadi daya tarik kenapa kita wajib mengunjungi tempat wisata air terjun di bandung barat ini.

ALAMAT CURUG MALELA BANDUNG

Alamat Curug Malela Terletak di perbatasan dengan Kabupaten Cianjur tepatnya di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat

RUTE JALAN MENUJU KE LOKASI CURUG MALELA BANDUNG

Baraya, Untuk mengunjungi lokasi tempat wisata air terjun malela ini sebenarnya cukup mudah, terlebih setiba di Desa Cicadas, sudah ada warga setempat yang bersedia menjadi guide atau memandu Anda menuju ke lokasi air terjun malela ini, dari lokasi kantor Desa Cicadas yang pada akhir pekan dijadikan tempat parkir kendaraan, jarak menuju ke lokasi Curug Malela ini masih sejauh 3 kilometeran lagi.

khusus bagi anda pengguna sepeda motor, dari lokasi desa kita masih harus menempuh setapak selebar 1 meter sejauh 2 kilometer melintasi areal lahan Perhutani.

Nah sekitar 1 kilometer dari lokasi air terjun, sepeda motor yang anda pakai harus diparkir di tempat yang sudah disediakan, karena Jalan setelahnya masih sulit dilewati sepeda motor.

Dari sana, kita selanjutnya masih harus berjalan kaki sejauh sekitar 1 km, dengan kondisi udara kawasan yang masih alami, udaranya bersih serta sejuk.

Bagi anda yang berniat mengunjungi salah satu Tempat Wisata Di Bandung yang eksotis ini,berikut adalah rute jalan menuju kawasan wisata Curug Malela.

RUTE JALAN KE AIR TERJUN MALELA MENGGUNAKAN KENDARAAN PRIBADI

Baraya, berikut rute jalan bagi anda yang membawa kendaraan pribadi :

Cimahi -> Batujajar -> Cihampelas -> Cililin -> Sindang Kerta -> Gunung Halu -> Buni Jaya -> Curug Malela

RUTE JALAN MENUJU AIR TERJUN MALELA MENGGUNAKAN KENDARAAN UMUM

Dari  Terminal Leuwipanjang, anda bisa naik angkot jurusan Cimahi/Cililin. Sampai di Cililin anda turun kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan Gunung Halu/ Buni Jaya. Sesampainya di Terminal Buni jaya, anda melanjutkan perjalanan dengan kendaraan berupa ojek menuju desa Cicadas. Setelah sampai di Cicadas,maka anda tinggal melanjutkan perjalanan ke lokasi Curug Malela dengan berjalan kaki.

Sumber : https://tempatwisatadibandung.info/curug-malela/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − seven =