5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri – Dokter Umum

 

Tidak semua kasus hipertensi mesti ditangani pakai obat dokter. Ya! Ada berbagai cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang bisa Anda coba lakukan mulai dari sekarang. Apa saja?

Berbagai cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Mengubah gaya hidup dan kebiasaan harian menjadi lebih sehat dapat mengurangi kebutuhan Anda untuk minum obat hipertensi. Bagi orang yang sudah diresepkan obat pun, cara alami ini tetap dapat Anda jadikan terapi dampingan untuk menormalkan tensi tanpa harus takut risiko efek sampingnya.

1. Menurunkan berat badan

Apabila berat badan Anda berlebih atau cenderung obesitas, sebaiknya mulailah menurunkan berat badan dari sekarang. Jika Anda tidak yakin apakah berat Anda sudah ideal atau belum, Anda bisa mengeceknya di kalkulator indeks massa tubuh atau bisa juga di bit.ly/indeksmassatubuh.

Badan gemuk menandakan bahwa tubuh Anda penuh dengan tumpukan lemak. Nah, tumpukan lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah dan membuat aliran darah jadi tidak lancar. Hal ini yang kemudian membuat tekanan darah jadi makin naik.

2. Pilih makanan yang tepat

Anda kini tidak boleh lagi sembarangan makan kalau tidak kondisi Anda makin parah. Pasalnya, makanan yang Anda makan bisa memengaruhi tekanan darah. Hindarilah makan makanan asin dan yang berlemak tinggi, serta batasi konsumsi makan makanan kemasan.

Sebagai gantinya, perbanyaklah sumber makanan tinggi vitamin dan serat, seperti sayur dan buah-buahan, kacang dan biji-bijian, serta gandum utuh. Makanan berserat bekerja mengikat lemak yang bisa menyebabkan tekanan darah naik. Selain itu, makanan dengan tinggi kalium juga dapat membantu menormalkan kadar sodium dalam tubuh, sehingga tekanan darah pun menjadi lebih terkendali.

3. Lakukan olahraga rutin

Olahraga adalah cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, khususnya tekanan darah sistolik hingga sekitar 4-9 mmHg. Manfaat olahraga untuk hipertensi ini bahkan sama baiknya dengan mengonsumsi obat hipertensi.

Akan tetapi, ingat: Anda perlu berolahraga teratur untuk bisa mendapat manfaat ini dan menjaga tekanan darah selalu terkendali. Umumnya butuh waktu sekitar satu hingga tiga bulan olahraga teratur supaya berdampak positif pada tekanan darah Anda.

Lalu, harus seberapa sering berolahraga? Anda dianjurkan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Umumnya, Anda bisa berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari, minimal untuk 3-5 hari dalam seminggu. Waktu ini bisa Anda bagi-bagi dengan teratur setiap harinya.

Jika Anda baru mau menerapkan kebiasaan ini, mulailah dengan olahraga yang ringan, seperti berjalan-jalan santai di lingkungan rumah atau bersepeda. Sempatkan pula untuk melakukan aktivitas rumah tangga sendiri agar Anda lebih aktif, seperti memotong rumput, menyapu, berkebun, atau mengepel lantai. Hal yang penting adalah meninggalkan kebiasaan hidup yang malas gerak.

4. Kelola stres dengan baik

Saat stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang bekerja mempersempit pembuluh darah. Pada akhirnya, hal ini dapat menghambat aliran darah dan meningkatkan tekanan darah. Semakin sering Anda stres, maka akan semakin sering tekanan darah tinggi Anda kambuh.

Stres memang hal yang wajar, tapi yang terpenting adalah mengelolanya dengan baik. Untuk menghilangkan stres, Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk merilekskan tubuh dan pikiran dengan melakukan hal-hal yang Anda gemari. Misalnya, berendam air hangat, nyalon, ajak jalan-jalan si doggy kesayangan, atau pergi ke taman rekreasi.

5. Batasi minuman yang berkafein

Kafein dalam teh, kopi, soda, dan coklat dapat merangsang tubuh menghasilkan berbagai hormon yang dapat pengaruhi tekanan darah. Maka sebaiknya Anda batasi porsi minuman-minuman ini.

Alih-alih minuman berkafein, Anda bisa menggantinya dengan susu atau jus buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Ini adalah cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

SUMBER:

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hipertensi-tekanan-darah-tinggi/cara-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-alami/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two − 1 =