4 Tips Memilih Suplemen Vitamin Agar Badan Bugar Saat Mudik

 

Mudik sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Namun, perjalanan panjang yang harus ditempuh tentu bisa menguras stamina Anda. Apalagi asupan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi juga terbatas. Oleh karena itu, Anda butuh alternatif untuk mendukung daya tahan tubuh Anda tetap terjaga, misalnya dengan minum suplemen. Akan tetapi, memilih suplemen tidak boleh sembarangan, lho. Simak cara memilih suplemen terbaik agar tubuh tetap segar dan sehat selama mudik berikut ini.

Kenapa kita butuh suplemen saat mudik?

Semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bisa didapatkan dari makanan. Namun, faktanya tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian hanya dari makanan saat mudik. Buah dan sayur, misalnya, memang memberikan berbagai jenis vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Namun, daya simpannya di luar kulkas tidak lama. Jadi akan sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini selama Anda melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Semakin lama buah disimpan, semakin berkurang pula kualitasnya. Ini menyebabkan kadar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya menjadi berkurang. Kemudian, semakin sibuknya seseorang semakin sedikit juga kesempatan untuk menyiapkan sendiri makanan yang sehat. Itulah sebabnya banyak yang akhirnya memilih makanan siap saji.

Begitu pula menjelang Lebaran, hari-hari Anda menjadi lebih sibuk karena harus menyiapkan banyak hal untuk mudik. Perjalanan jauh yang Anda tempuh tentu tidak memungkinkan Anda untuk menyiapkan makanan sehat, kecuali buah. Itu juga terbatas pada buah yang tahan lama dan tidak mudah rusak.

Perjalanan panjang yang Anda lewati selama mudik bisa menguras tenaga dan membuat Anda gampang jatuh sakit. Anda tentu tidak mau sampai ke kampung halaman dalam kondisi tidak enak badan, bukan? Untuk mencegah hal tersebut, minum suplemen bisa menjadi pilihan Anda. Akan tetapi, memilih suplemen tidak boleh sembarangan. Setiap jenis suplemen punya fungsinya masing-masing. Jadi bagaimana cara memilih suplemen terbaik untuk mudik?

Cara memilih suplemen agar tidak mudah sakit selama mudik

1. Pilih sesuai kebutuhan

Bila Anda ingin tubuh tetap sehat dan segar selama mudik, pilih suplemen yang mendukung daya tahan tubuh seperti Redoxon. Vitamin C dan zinc yang terkandung pada Redoxon bisa membantu meningkatkan sistem imunsehingga lebih kuat melawan penyakit.

Namun, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Sebab, suplemen yang Anda minum harus sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan Anda.

2. Baca label kemasan

Bila Anda sudah menentukan vitamin dan mineral apa yang Anda butuhkan untuk mendukung daya tahan tubuh Anda, Anda bisa mulai mencari suplemen yang Anda inginkan. Penting untuk membaca label kemasan suplemennya terlebih dahulu, jangan asal beli.

Bila aturan pakai suplemen tidak cocok dengan kondisi kesehatan Anda atau ada efek samping yang berbahaya, cari suplemen lain yang lebih aman. Jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsa produknya, ya.

3. Pilih yang mudah diminum

Ada banyak suplemen yang dijual di pasaran, baik itu dikemas dalam bentuk cairan, bubuk, atau tablet. Pilih suplemen yang mudah Anda minum selama di perjalanan. Suplemen dalam bentuk cair dan bubuk sangat berisiko akan berantakan atau tumpah jika Anda bawa, jadi tablet menjadi pilhan paling aman.

Bila Anda tidak bisa minum suplemen dalam bentuk tablet atau Anda takut tersedak tablet bila harus minum di tengah-tengah perjalanan, jangan khawatir. Anda bisa memilih suplemen dalam bentuk tablet effervescent (tablet larut air) seperti Redoxon. Cara minumnya mudah, cukup dilarutkan dalam air dan segera minum sampai habis setelah tabletnya larut.

Tak hanya mudah diminum, suplemen ini juga bisa menambah asupan air dalam tubuh. Pasalnya, selama perjalanan dehidrasi sangat rentan terjadi. Apalagi jika Anda mudik saat puasa.

4. Perhatikan dosisnya sebelum Anda minum

Bila Anda sudah memilih suplemen yang tepat, pastikan juga Anda meminumnya dengan benar. Baca aturan pakai yang tertera pada kemasan dan sesuaikan dosisnya sesuai aturan pakai atau saran dokter. Jangan minum dua atau lebih suplemen vitamin secara bersamaan di luar pengawasan dokter. Sebaiknya, gunakan satu jenis suplemen supaya manfaat yang Anda rasakan lebih maksimal.

SUMBER : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/memilih-suplemen-untuk-mudik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 3 =