4 NEGARA ASEAN LOLOS KE PUTARAN FINAL PIALA AFC U-19 2020

Timnas Indonesia U-19 memastikan satu tempat di Piala AFC U-19 2020 setelah bermain imbang 1-1 melawan Korea Utara pada laga terakhir penyisihan Grup K di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Jadi ada empat negara ASEAN yang lolos ke Piala Asia AFC U-2020, negara tersebut yakni Malaysia, Indonesia, Laos, dan Vietnam.

Malaysia merupakan juara Grup G, Indonesia juara Grup K, sementara Laos (Grup H) dan Vietnam (Grup J) berhak lolos dari jalur runner-up terbaik.

Dari empat negara ASEAN yang sudah lolos, Malaysia jadi yang paling sering tampil di putaran final. Sejak Piala AFC U-19 kali pertama digulirkan pada 1959, Malaysia sudah tampil 23 kali.

Disusul Vietnam tampil dalam 19 edisi putaran final, Indonesia (17), dan Laos (5).

Laos memang jadi kuda hitam di fase kualifikasi kali ini. Bermain di China Taipeh, Laos mampu menduduki posisi runner-up dengan poin tujuh, jumlah sama yang dikumpulkan Australia yang jadi juara Grup H.

Ini jadi keberhasilan pertama Laos tampil di putaran final Piala AFC U-19 sejak kali terakhir pada edisi 2002.

Di sisi lain, jumlah empat negara ASEAN yang lolos ke putaran final edisi 2020, sama persis dengan edisi sebelumnya, 2018. Formasi negaranya juga mirip, yakni Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Bedanya, kali ini Laos menggantikan posisi Thailand.

Harapannya, tentu agar Kamboja bisa mengikuti jejak empat negara tetangga sesama anggota AFF itu tampil di putaran final Piala AFC U-19 2020.

Tim ASEAN lolos ke Piala AFC U-2020

Malaysia (juara Grup G), Indonesia (juara Grup K), Laos (runner-up Grup H), Vietnam (runner-up Grup J)

Sumber : https://www.bola.com/indonesia/read/4107667/temasuk-indonesia-4-negara-asean-lolos-ke-putaran-final-piala-afc-u-19-2020?medium=dable__desktop&campaign=related_click_2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =