SISWA-SISWI DAN GURU SDN 035 SOKA KOTA BANDUNG ANTUSIAS IKUTI BIMBINGAN PERAGAAN MANASIK HAJI GRATIS BERSAMA GHINA SEPTI

Kota Bandung, Barayakita – Guna mengenalkan Ritual Ibadah Haji sebagai Penguat Keimanan dan Ketaqwaan sejak dini, sebanyak 1.041 siswa-siswi kelas 1 s.d kelas 6, beserta 60 orang meliputi guru, staf dan karyawan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 035 Soka Kota Bandung, mengikuti bimbingan sekaligus peragaan Manasik Haji secara gratis, yang diselenggarakan atas kerjasama antara Ghinasepti Tours & Travel dari PT Satria Barokah Wisata dengan Pegadaian, serta suport pihak sekolah sebagai penyedia tempat.

Owner Ghinasepti Tours and Travel dari PT Satria Barokah Wisata, H. Bisma Banyu Setia mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan sosialisasi dari salah satu program yang rutin dilakukannya. Dalam Kegiatan tersebut pihaknya memberikan bimbingan haji dan umroh secara baik dan benar, juga sekaligus mengedukasi bagaimana memilih travel agar tidak terjebak pada kerugian yang bisa terjadi pada masyarakat dan biasa dilakukan oleh oknum travel-travel tidak bertanggung jawab.

“ini adalah merupakan salah satu program yang memang diwacanakan, dikondisikan, diprogramkan untuk memberikan bimbingan, memberikan edukasi, dan bentuk-bentuk lain yang bisa kami berikan, serta bermanfaat untuk dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat,” Katanya, saat ditemui disela-sela kegiatan Manasik Haji, Kamis (06062024).

Selain lembaga-lembaga institusi pendidikan, sosialisasi tersebut juga biasa dilakukan kepada lembaga-lembaga masyarakat lain, termasuk kepada masyarakat pada umumnya.

“ini adalah langkah kami untuk mengedukasi bahwa umroh itu sangat penting dan harus kita lakukan. karena panggilan manusia muslim itu hanya 3, panggilan melaksanakan sholat dengan adzan, panggilan melaksanakan umroh atau haji dan panggilan ke 3 adalah panggilan ke rahmatullaah, itu semua adalah mutlak harus kita lakukan bagi yang memang memiliki kemampuan istitho’ahnya,” Tuturnya.

Tepat di bulan dzulhijah, dimana bersamaan dengan jutaan ummat muslim yang berada di mekkah dan madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji pada momentum Hari Raya Idul Adha, siswa-siswi serta para guru, staf dan karyawan SDN 035 Soka Kota Bandung mengisi momentum tersebut dengan melaksanakan kegiatan Bimbingan dan Peragaan Manasik Haji.

“untuk sekolah ini adalah yang terbesar, karena berikutnya ada sekolah lain yang meminta untuk ghinasepti bisa mengedukasi masyarakat terutama anak-anak sekolah siswa-siswi dan juga orangtua siswa, semoga dengan demikian tidak lagi ada orangtua atau masyarakat jamaah yang tertipu oleh travel-travel yang tidak bertanggung jawab,” Tambahnya.

Bagi masyarakat yang akan mendaftar Haji atau Umroh melalui Ghinasepti Tours & Travel dari PT Satria Barokah Wisata, pihaknya akan memberikan sejumlah promo menarik, termasuk memberikan bimbingan pada saat pemberangkatan sebanyak 5 kali bagi pemberangkatan yang reguler.

“dari mulai masa umroh nanti pada 1446 hijriyah itu sudah kami siapkan paket-paket yang bisa mengakomodir keinginan masyarakat untuk berangkat umroh atau haji,” Ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala SDN 035 Soka Kota Bandung, Agus Supriadi, mengatakan bahwa kegiatan peragaan manasik haji yang dilakukan merupakan implementasi pembelajaran haji yang diajarkan di kelas di sekolah.

“nah sekarang kan kita kurikulum merdeka, kurikulum merdeka itu bukan hanya sekedar teori yang hanya didapatkan oleh anak-anak, tetapi anak-anak harus bisa langsung mengalami kegiatan-kegiatan di dalam teori tersebut, sehingga anak faham apa itu yang namanya haji, apa itu yang namanya umroh, dan mereka bisa memulai memahami, bisa mengikuti bahkan merasakan sendiri dari kegiatan ini, makanya diadakan peragaan manasik haji seperti ini,”Ujarnya.

Selain untuk memberikan motivasi, juga diharapkan dapat tergerak hatinya untuk dapat beribadah lebih baik lagi, serta tergerak untuk ingin segera berangkat ke tanah suci.

“semoga Allaah swt memberikan rahmatnya, melimpahkan rezeki kepada kami, sehingga rombongan dari sdn o35 soka kota bandung bisa berangkat bersama-sama itu harapan kami,” Tuturnya.

Kegiatan Manasik Haji yang diberikan secara gratis tersebut, disambut antusias para siswa-siswi dan orangtua.

“alhamdulillaah semuanya antusias bahkan kegiatan ini adalah merupakan kegiatan yang jarang sekali dilakukan terutama di sekoah negeri, dan mungkin di kota bandung, sekolah-sekolah negeri belum pernah mengadakan kegiatan ini, maka sdn 035 soka kota bandung berupaya berupaya untuk mengadakan kegiatan ini pertama kalinya,” Katanya.

Selain dapat pengalaman baru, melalui kegiatan tersebut tentu dapat meringankan orangtua serta menambah wawasan bagi para siswa-siswi, guru, staf dan karyawan tentang tata cara Ibadah Haji dan Umroh.

“dengan adanya kegiatan manasik haji ini sangat bermanfaat sekali untuk anak-anak, menambah ilmu pengetahuan dalam melaksanakan manasik haji ini, dan dengan adanya kerjasama ini kan dilaksanakan dengan gratis, sehingga itu jadi sangat membantu dan meringankan orangtua dan anak-anak pun sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan manasik haji ini,” Ungkap Rini Martini, Ketua Koordinator Kelas 5C.

Dengan demikian Kurikulum Merdeka melalui kegiatan Peragaan Manasik Haji gratis ini bisa langsung dirasakan para siswa-siswi, seperti dirasakan Diana dan Bella Ananda, Kelas 6F misalnya, mereka mengaku senang karena dengan adanya kegiatan Bimbingan dan Peragaan Manasik Haji, bisa merasakan langsung Kurikulum dengan nuansa baru, sehingga tidak membuatnya jenuh dalam menimba ilmu.

“tadi kita habis mengikuti kegiatan manasik haji gratis, kita disitu mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali, terus kita melempar jumrah, habis itu kita tadi mengelilingi ka’bah lagi 7 kali, jadi bertambah pengetahuan yang tadinya tidak tahu jadi tahu bahwa manasik haji itu seperti itu, senang jadi tau tata cara haji,” Pungkasnya.

Rep/Cam: DNS

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *