TUGAS DAN GAJI ANGGOTA KPPS SELAMA PEMILU 2024

Berdasarkan buku panduan KPPS, berikut tugas anggota KPPS

Ketua KPPS (Anggota 1)

Ketua KPPS memiliki tugas yang cukup banyak dengan tangung jawab yang paling besar, yaitu:

– Menandatangani surat suara.

– Memanggil para pemilih berdasarkan nomor urut kedatangan yang dituliskan pada Model C6 dan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin.

– Memberikan 5 jenis surat suara kepada pemilih.

– Memberikan surat suara pengganti kepada pemilih apabila surat suara yang didapatkan sebelumnya rusak atau salah coblos. Surat suara pengganti hanya bisa sekali saja.

– Membantu memasukkan surat suara ke dalam alat bantu coblos tunanetra dan diserahkan kepada pemilih.

 

Anggota 2

Menyiapkan surat suara yang akan dibuka untuk kemudian ketua KPPS akan menyatakan sah atau tidaknya surat suara tersebut.

 

Anggota 3

Mencatat jumlah pemilih, jumlah surat suara, serta sertifikat hasil perhitungan suara dengan menggunakan formulir Model C1-KWK.

 

Anggota 4

Mencatat hasil penelitian terhadap setiap lembar surat suara yang telah diumumkan oleh ketua KPPS dengan menggunakan formulir catatan hasil perhitungan suara untuk setiap pasangan calon.

 

Anggota 5

Mengarahkan pemilih untuk memasuki bilik suara yang kosong agar bisa memberikan hak suaranya serta membantu pemilih disabilitas maupun pemilih yang memerlukan bantuan untuk memberikan suara jika diminta oleh pemilih tersebut.

 

Anggota 6

Membantu untuk mengarahkan pemilih agar memasukkan surat suara ke dalam kotak suara sesuai dengan jenisnya, kemudian memastikan bahwa seluruh surat suara yang telah digunakan oleh pemilih sudah dimasukkan ke dalam kotak suara dengan benar.

 

Anggota 7

Mengarahkan pemilih untuk mencelupkan salah satu jari tangannya ke tinta dan memastikan bahwa tinta sudah membasahi kuku jari juga memastikan bahwa tinta tersebut tidak dihapus. Serta mempersilakan pemilih keluar dari TPS.

 

Setelah pemilu selesai dilaksanakan, KPPS masih memiliki kewajiban lainnya yaitu:

-Ketua KPPS akan mengumumkan kepada peserta yang hadir di TPS bahwa proses pemungutan suara telah selesai dilaksanakan. Selanjutnya, akan dilakukan perhitungan suara setelah semua anggota KPPS, saksi dari partai politik, dan pemilih TPS lainnya memberikan suara mereka.

-Melakukan Tanda dan Pengamanan Surat Suara. Ketua KPPS Bertugas Memberi Tanda dan Menyimpan Surat Suara Sisa dan Rusak.

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *