PEMKOT BANDUNG BERENCANA HAPUS ANGKOT, DIUBAH JADI MICROBUS

Rencana penghapusan angkutan kota (angkot) di Kota Bandung, Jawa Barat, kembali digaungkan. Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan rencana tersebut.  Menurut Ema, rencana tersebut juga tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung sebagai bagian dari perbaikan dan pembangunan infrastruktur.

“Recana ini pernah kita ajukan tahun 2023, kita sudah rapat terkait transformasi transportasi  dengan Organda, dengan koperasi pengelola angkutan. Yang kita inginkan bahwa nanti di Bandung enggak ada angkot lagi, tapi bertransformasi menjadi angkutan public transport, ” kata Ema saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Senin (18/9/2023).

Ema menjelaskan, pengusaha angkot bersama Organda nantinya menjadi operator dalam menyediakan hingga mengoperasikan bus pengganti angkot. Menurutnya, Pemkot Bandung tidak menganggarkan untuk pembelian microbus pengganti angkot.

“Kalau di anggaran tidak untuk pembelian bus. Busnya nanti disiapkan operator, kita berikan subsidi,” tuturnya.  Selain dari operator, Ema mengatakan juga akan meminta bantuan hibah ke Pemerintah Pusat untuk pengadaan microbus yang akan menggantikan peran angkot di Kota Bandung.

Angkot yang Kacanya Tertutup Stiker Dirazia Tujuannya, Pemkot Bandung bisa fokus untuk pengadaan subsidi operasional microbus sehingga operator tidak perlu lagi menunggu penumpang penuh dan hanya perlu mematuhi waktu keberangkatan yang ditetapkan.

“Pengadaan bisa dari pusat juga. Kita sudah siap dengan subsidi itu. Mudah-mudahan nanti dengan dewan (DPRD) ini clear. Kita nanti menyubsidi para sopir angkot,” tuturnya.

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *