LITERASI DALAM MENJAGA KESEHATAN ORGAN REPRODUKSI PEREMPUAN MELALUI KOLABORASI FIKOM UNISBA DENGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNISBA

Bandung, Barayakita   —   Sebagai upaya mengedukasi perempuan dalam menjaga kesehatan reproduksinya, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Fikom Unisba) melalui program Sekolah Perempuan (Koper) Athena, memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga organ reproduksi bagi Perempuan di Desa Pakuhaji, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 September 2023 ini merupakan inisiasi Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fikom Unisba, bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unisba.

 

Pada pertemuan yang dilaksanakan di Aula Desa Pakuhaji ini, para peserta atau rombongan belajar diberikan materi yang berjudul “Kesehatan Organ Reproduksi Wanita”. Materi ini disampaikan oleh Moch. Ikhsan Juliansyah S.Ked., alumni lulusan Fakultas Kedokteran UNISBA Tahun 2021. Tujuan disampaikannya materi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada rombongan belajar mengenai bagian organ reproduksi, pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, dan penyakit apa saja yang menyerang organ reproduksi. Dengan disampaikannya materi tersebut, diharapkan rombongan belajar dapat lebih memperhatikan kesehatan organ reproduksi wanita dan memberikan pengetahuan tentang fungsi kerja dari organ reproduksi wanita.

 

Selama penyampaian materi ini, rombongan belajar terlihat antusias dan aktif dalam berinteraksi dengan pemateri, dilihat dari rombongan belajar yang turut bertanya kepada pemateri terkait berbagai jenis penyakit yang mungkin timbul jika tidak menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik. Dalam kesempatan ini, Ikhsan menjelaskan, “Ada beberapa cara dalam menjaga organ reproduksi perempuan, diantaranya adalah mewaspadai gejala yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, seperti nyeri panggul, pendarahan tidak normal, dan perubahan siklus menstruasi. Dengan memperhatikan hal tersebut, penangangan bisa dilakukan lebih dini untuk mencegah dampak yang lebih serius.”

Kesehatan merupakan hal yang patut diperhatikan karena merupakan sebuah nikmat dari Sang Maha Kuasa yang harus kita jaga, berbagai cara dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, termasuk menjaga kesehatan organ reproduksi karena organ reproduksi merupakan bagian tubuh yang vital dan akan menjadi sebuah masalah apabila organ tersebut tidak dijaga kesehatannya. Pada era masa kini yang sudah maju berkat kemajuan teknologi, muncul beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan reproduksi terutama untuk wanita. Namun hal ini tetap perlu diimbangi dengan menjaga kesehatan dari diri sendiri.

 

Beberapa cara menerapkan pola hidup sehat bagi perempuan antara lain:

  1. Makan makanan yang sehat. Sertakan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan sumber protein sehat seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan.
  1. Berolahraga secara teratur. Olahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres.
  1. Hindari merokok dan minum minuman beralkohol. Merokok dan minum minuman beralkohol dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi dan memicu berbagai kondisi kesehatan yang berbahaya.

Selain itu juga, untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, perempuan perlu mengetahui riwayat masalah kesehatan reproduksi keluarga agar dapat membantu penyedia layanan kesehatan mengambil keputusan yang tepat mengenai pemeriksaan dan pencegahannya. Adapun langkah preventif lain yang dapat dilakukan adalah bersedia dan berpikiran terbuka untuk divaksinasi terhadap penyakit tertentu, seperti vaksin HPV yang dapat membantu mencegah masalah kesehatan reproduksi.***

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *