FIKOM UNISBA JALIN KERJASAMA DENGAN HIPMI KABUPATEN BANDUNG BARAT UNTUK MENGGALI POTENSI KEWIRAUSAHAAN PEREMPUAN

Bandung, Barayakita   —   Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Fikom Unisba) menjalin kerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bandung Barat dalam menggali potensi dan menumbuhkan motivasi kewirausahaan bagi para perempuan di Desa Paku Haji, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu 2 September 2023, bertempat di Aula Desa Paku Haji, dan dihadiri oleh para peserta rombongan belajar, pengurus desa, perwakilan dari HIPMI Kabupaten Bandung Barat, dan perwakilan dari Fikom Unisba, baik mahasiswa maupun dosen.

Implementasi dari kerjasama antara Fikom Unisba dan HIPMI Kabupaten Bandung Barat adalah dengan diselenggarakannya pemberian materi “Kewirausahaan” oleh perwakilan HIPMI Kabupaten Bandung Barat, Adi C. Wiratmadja. Kegiatan yang diinisiasi oleh Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (BEM Fikom Unisba) ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Sekolah Perempuan (Koper) “Athena”, yang bertujuan untuk menggali potensi dan menumbuhkan motivasi bagi para perempuan di Desa Pakuhaji untuk berwirausaha.

 

Materi yang disampaikan pada pertemuan ini adalah tentang “Memahami dan Membuat Business Model Canvas”, yang memberikan gambaran baru mengenai bisnis model canvas kepada para peserta yang merupakan rombongan belajar Koper Athena. Didalamnya mencakup pengetahuan yang dapat menambah pemahaman rombongan belajar mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat suatu bisnis, dan juga berisikan tips-tips untuk mengembangkan produk agar menarik pembeli. Dengan diberikannya materi tersebut, diharapkan dapat membangun pengetahuan dan semangat rombongan belajar Koper Athena untuk menciptakan suatu bisnis baru ataupun mengembangkan bisnis yang sudah mereka miliki.

Keberadaan ibu rumah tangga selalu dilihat hanya sebatas untuk memasak, merawat anak dan membersihkan rumah saja sehingga tak jarang ibu rumah tangga dipandang tidak dapat berkontribusi terhadap perekonomian keluarga. Jika dilihat dari intensitas waktu di rumah yang tinggi, seorang ibu rumah tangga memiliki potensi yang besar untuk menciptakan suatu produk yang dapat dipasarkan dan bernilai rupiah untuk mendukung perekonomian keluarga. Di era sekarang ini, banyak sekali bisnis-bisnis yang terus bermunculan sehingga perlu adanya gebrakan-gebrakan baru dalam dunia bisnis terutama bagaimana cara untuk mengembangkan suatu produk dan strategi pemasaran perlu dikuasai. HIPMI sebagai organisasi independen para pengusaha muda yang bergerak dibidang perekonomian dan menaungi UMKM, memiliki keahlian dan keterampilan dalam membina para anggotanya untuk memetakan kebutuhan pasar, sehingga dapat membantu para perempuan di Desa Pakuhaji untuk fokus mengembangkan bisnis yang mereka miliki dan bagaimana cara memasarkannya sesuai target yang ingin dicapai.

 

Materi kewirausahaan ini berhasil membuat rombongan belajar Koper Athena antusias, dilihat dari adanya diskusi secara langsung yang diajukan kepada pemateri. Dengan adanya kerja sama antara HIPMI Kabupaten Bandung Barat dan Fikom Unisba diharapkan bisnis yang dikembangkan oleh rombongan belajar dapat dinaungi langsung oleh HIPMI Kabupaten Bandung Barat. Angga selaku Ketua Umum HIPMI Kabupaten Bandung Barat juga menyampaikan, “Semoga kerja sama dan pemberian materi ini menjadi pembuka usaha-usaha di Desa Pakuhaji yang nantinya siap dinaungi oleh HIPMI Kabupaten Bandung Barat”, ujarnya.

Sebelum pemberian materi mengenai kewirausahaan, Tim PPK Ormawa yang diwakili oleh Muhammad Rangga Pratama, memberikan materi fotografi yang didukung langsung dengan praktek dihadapan rombongan belajar. Materi dan praktek fotografi ini memberikan pengetahuan kepada rombongan belajar mengenai tata cara foto produk yang baik, benar dan juga menarik. Foto produk sangatlah penting untuk mempromosikan produk di pasaran sehingga penting untuk menciptakan foto produk yang menarik untuk memikat target pasar. Melalui praktek ini, rombongan belajar ikut mencoba secara langsung teknik-teknik yang sudah dipaparkan oleh Rangga. Pada kesempatan itu pula salah satu rombongan langsung mencoba memfoto produk usaha rumahan miliknya dan juga beberapa yang memfoto makrame hasil dari program “Bengkel Kreativitas” yang diadakan oleh Koper Athena pada pertemuan minggu sebelumnya.***

 

 

 

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *