APAKAH ANBK ?

Ada istilah baru di dunia pendidikan, yakni Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK. Mengutip dari laman ANBK Kemdikbud, ini merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Sedangkan Asesmen Nasional atau yang biasa disingkat sebagai AN terdiri atas Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Ini mengukur kemampuan literasi dan numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Bentuk soal dalam AN terdiri atas beberapa jenis. Mulai dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, serta uraian.

Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan. Program ini tidak diperuntukkan bagi siswa yang berada di akhir jenjang pendidikan.Dikatakan dalam situs resmi Pusat Asesmen Pendidikan Kemdikbud, AN tidak dipakai untuk menilai siswa yang menjadi peserta. Hasilnya tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Penilaian kelulusan siswa berada di kewenangan guru dan sekolah.

Asesmen Nasional diikuti semua satuan pendidikan jenjang dasar dan menengah, sekaligus program kesetaraan yang dikelola PKBM. Kegiatan ini diikuti siswa kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh pemerintah.

Pemilihan jenjang tersebut dimaksudkan supaya murid yang menjadi peserta AN dapat merasakan perbaikan pembelajaran saat masih di sekolah yang bersangkutan. Selain itu, AN dipakai untuk memotret dampak proses belajar. Murid-murid yang dipilih ini sudah mengalami proses pembelajaran, sehingga bisa dikatakan sudah berkontribusi terhadap hasil belajar yang bisa diukur dalam AN.

Sementara, pada program kesetaraan, AN diikuti semua siswa yang berada di tahap akhir program belajarnya. Selain itu, AN juga diikuti guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan.

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *