JELANG LIBUR NATARU, PENGUSAHA RESTORAN DI BANDUNG LAKUKAN PERSIAPAN

BarayaKita, Kota Bandung – Menjelang libur Natal tahun 2022 dan pergantian Tahun Baru ke 2023, sejumlah persiapan mulai dilakukan pengusaha restoran, Seperti yang dilakukan Restoran Raja Sunda yang berada di Kawasan Pasteur, Kota Bandung, pihaknya sudah mempersiapkan jauh hari sekitar sebulan sebelumnya.

Beberapa persiapan yang dilakukan yakni mulai dari pengajuan peralatan restoran, penambahan kuota bahan menu, hingga penambahan karyawan dengan melibatkan tenaga casual atau karyawan cadangan yang biasa di terjunkan pada saat moment libur weekend maupun libur panjang.

“Untuk persiapan Natal dan Tahun Baru kita sudah mengajukan tambahan peralatan restoran, peralatan service dan juga penambahan bahan menu, sehingga kita punya stok alat maupun bahan-bahan menu yang cukup, yang tentu semua persiapannya dilakukan secara maksimal,” Kata Amir Lili, Manager Raja Sunda, saat di temui di lokasi, Kamis (011222).

Khusus untuk bahan-bahan menu, pada momentum libur panjang pihak restoran yang telah mendapat penghargaan Anugerah Pesona Pariwisata Kota Bandung 2021 Kategori Rumah Makan Terbaik ini biasanya menambah kuota sekitar 25 persen dari hari biasanya.

“Tentu untuk menu sendiri kita biasa adakan penambahan sekitar 25 persen dari orderan normal,” ujarnya.

Sedangkan untuk karyawan pihaknya sudah menyiapkan 5 orang tenaga casual atau karyawan cadangan, yang siap di terjunkan pada moment libur panjang Nataru mendatang.

“Karyawan sebetulnya kami punya tenaga casual yang biasa dilibatkan pada saat weekend dan libur panjang, saat ini jumlah karyawan kami ada sekitar 37 orang, dan 5 orang tenaga casual,” tuturnya.

Untuk kapasitas maksimum restoran ini dapat menampung sekitar 350 orang meliputi 3 area tempat, yakni 150 di area depan, 80 di area belakang dengan suasana lesehan dan 120 orang di lantai dua.

“Total kapasitas maksimal kita bisa menampung sekitar 350 orang, hanya jika terjadi kepadatan pengunjung biasanya kami melakukan sistem waiting list sehingga lebih disarankan untuk datang langsung ke lokasi, tanpa reservasi, karena biasanya tidak menunggu lama.” tambahnya.

Mengingat pengunjung yang biasa datang pada moment libur panjang adalah para travelling yang di dominasi oleh keluarga, sehingga di prediksi puncak kepadatan pada moment Nataru mendatang biasanya akan terjadi mulai dari sebelum Natal sampai setelah Tahun Baru.

“Iya biasanya kalau kepadatan pengunjung di moment Nataru itu selama 10 hari terhitung dari tanggal 24 hingga setelah Tahun Baru yang bersamaan dengan libur anak-anak sekolah,” ungkapnya.

Restoran Raja Sunda memang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner favorite di Kota Bandung, karena terkenal akan kelezatannya selain harganya terjangkau, pelayanannya baik dan sarana parkir yang luas, tak heran jika restoran yang satu ini selalu ramai pengunjung.

“Tentunya kita memiliki beberapa makanan favorite yang paling banyak di pesan, yakni Gurame Cobek, Tahu Kipas, Cumi Goreng Raja Sunda dan lain sebagainya,” Katanya.

Restoran Raja Sunda beroperasi setiap hari mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, meski wabah Covid-19 sudah melandai namun pihaknya tetap menganjurkan dan menerapkan protokol kesehatan, dengan tetap mengenakan masker serta menyiapkan sarana untuk mencuci tangan.

“Untuk prokes Covid-19 tentu kami menerapkannya dengan baik, selain itu kualitas makanan, kebersihan dan pelayanan selalu kami prioritaskan demi kepuasan konsumen,” pungkasnya.

Rep/Cam: Deden Setiawan

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *