PEMKOT CIMAHI GELAR UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-77 TAHUN 2022

Kota Cimahi,BarayaKita – Memperingati Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 Pemerintah Daerah Kota Cimahi menyelenggarakan upacara bendera di Lapangan Apel kantor Pemerintah Kota Cimahi, Rabu (10/11). Upacara Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya. Tema peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 adalah “PAHLAWANKU TELADANKU” dengan harapan bangsa Indonesia dapat mengambil teladan dari perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia di masa lalu, sekaligus memberi semangat pada bangsa Indonesia untuk memiliki semangat kepahlawanan dalam membangun negeri sehingga Indonesia dapat tumbuh dan bangkit kembali menjadi bangsa yang besar.

Bertindak sebagai pembina upacara, Pj. Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan mengawali amanatnya dengan mengutip sepotong kalimat pidato Bung Karno, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan berikan aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia!” tuturnya.
Dikdik menyebutkan bahwa para pemuda dan pemudi Indonesia telah terbukti mampu mengguncangkan dunia dengan hasil karyanya. “Sudah saatnya kita berucap bahwa perjuangan pendahulu kita tidak pernah sia-sia, apa yang mereka korbankan adalah apa yang kita perjuangkan hari ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Dikdik juga menyampaikan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini pada Peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022. Dalam amanatnya Tri mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk hidupkan kembali dalam benak setiap warga negara Indonesia mengenai perjuangan para pahlawan bangsa, meresapi semangat dan keikhlasan para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan.
Tri mengingatkan ancaman dan tantangan yang menghadang bangsa Indonesia di masa kini, mulai dari ancaman pandemi COVID-19, pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih. Untuk mengatasi ancaman-ancaman tersebut, dibutuhkan kreatifitas dan bijak dalam mengelola sumber daya alam Indonesia.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta,” tutur Dikdik mengutip amanat Menteri Sosial RI.
Tri juga mengungkapkan dengan segala tantangan yang ada, namun sebagai bangsa yang besar, bangsa Indonesia mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Maka dengan bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang, bangsa Indonesia saat ini dapat menjadi pahlawan bangsa di masa depan.
Momentum Hari Pahlawan ini hendaknya dijadikan titik tolak untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan menjadikan semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Bersama-sama membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Tri mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memberantas kebodohan, memerangi kemiskinan dan mencegah upaya yang dapat berpotensi memecah–belah bangsa, untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, tumbuh dan bangkit bersama menjadi bangsa yang besar.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 diselenggarakan secara hybrid, dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Cimahi, Plt. Sekda, Staf Ahli, para Asisten, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Kementerian Agama, BPS dan BNN Kota Cimahi, Camat dan Lurah se-Kota Cimahi, Ketua TP PKK Kota Cimahi, Ketua DHC 45, Veteran, Karang Taruna, KNPI, IPSM, PPDI dan Ketua Forum Ormas Kota Cimahi, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural dan ASN Pemerintah Kota Cimahi. (Bidang IKPS/Dy)

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *