TAK HANYA TAHU, SUMEDANG PUNYA MATA AIR CIKANDUNG YANG TAK PERNAH SURUT

Sumedang memiliki keunikan tersendiri untuk menarik perhatian wisatawan. Selain makanan berupa tahu goreng yang super lezat itu, Kabupaten di Jawa Barat ini memiliki banyak objek wisata mengagumkan. Salah satunya adalah Mata Air Cikandung. Namanya memang tak sepopuler Situ Biru Cilembang yang terletak di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua – Sumedang, namun panoramanya tak pernah gagal membuat pengunjung jatuh cinta.

Dibalik keindahannya, mata air ini yang dulunya hanya tempat pemandian warga sekitar, ternyata airnya diketahui tak pernah surut, bahkan saat musim panas. Debitnya tak berubah, baik berkurang maupun berlebihan. Keunikan inilah yang membuat banyak produsen air mineral ingin menggunakan sumber ini.

Cikandung terletak di Dusun Sukasari, Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, menawarkan mata air yang jernih dan menyegarkan. Konon, air yang berasal dari pepohonan rimbun tersebut memiliki kesaktian untuk menyembuhkan penyakit. Meski tidak ada bukti yang nyata, namun mitos dari mulut ke mulut tersebut masih dipercaya oleh penduduk sekitar.

Mata air dengan luas 10 meter persegi nampak begitu jernih. Tidak heran jika pengunjung yang datang ke sini langsung ingin berenang. Serunya, penduduk sekitar juga memperbolehkan wisatawan untuk bermain di mata air ini. Nah, bagi yang masih bingung mencari tempat sempurna untuk istirahat, bisa liburan ke sini.

Bukan hanya menawarkan keindahan alam, Mata Air Cikandung juga menyediakan fasilitas cukup lengkap. Ada area parkir kendaraan yang cukup luas untuk sepeda motor. Di sudut lain juga ada kamar mandi/MCK serta kamar ganti usai berenang. Di destinasi ini juga ada mushola, warung makan serta penginapan yang nyaman.

Bagaimana cara mendatanginya? Gampang. Datangi Dusun Sukasari, Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalak, cek titik koordinat Mata Air Cikandung, pada S6.791126, E107.924108. Bisa dilihat pada google maps. Akses menuju lokasi sangat mudah, dari pusat kota Sumedang sangat dekat.

 

Kontributor : Berliana Nurfadhilah Gunawan
Red : GPW. Kakiyat

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *