SOP SUPER NDESO – AYAM KAMPUNG

Apa yang terbayang ketika mendengar kata “soup” atau SOP? Kuahnya? Isinya atau Kesegarannya? Tentu semuanya benar. Saya menggemari sop karena kuah-nya, yang bisa mengenyangkan hehehe. Dan kuah adalah ‘wakil’ dari segala rasa pada soup yang dihidangkan. Kali ini menu makan siang saya adalah, ‘SOP SUPER NDESO’ berbahan Ayam Kampung. Bumbu dan resep-nya, dijamin berbeda dari biasa-nya orang mengenal Sop.
Siapkan Ayam Kampung dewasa sedang. Setelah dibersihkan, langsung rebus utuh hingga terendam semua bagiannya. Kurang lebih 30 menit dengan nyala api sedang. Masukkan bumbu ; irisan jahe tua 5 cm, kapulaga 5 butir (bisa diganti serbuk-nya), 3 lembar daun salam, dua potong kecil kayu manis, dan irisan tipis lengkuas (sedikit saja).
Siapkan bumbu yang dihaluskan ; Bawang Putih, Ebi (Udang kecil kering), pala, butiran merica satu sendok makan. Lalu sangrai dengan minyak goreng sekitar 3 sendok makan (sedikit saja).
Asesoris/ penyerta : garam, gula , sedikit penyedap. Irisan daun bawang, seledri, irisan kol dan soun yang direndam air biasa, rebusan cabe untuk rasa pedas/sambal dan bawang goreng untuk tabur.
Nah, selamat mencoba dan nikmati sensasi sop super ndeso ayam kampung-nya. Jangan lupa potong potong kecil daging ayamnya, jangan disajikan utuh ya. Salam Ndeso!!!
Koleksi Foto : GPW Kakiyat
Sumber : GPW Kakiyat.
Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *