PEMKOT CIMAHI LAUNCHING SENTRA IKM PRODUK OLAHAN TEMPE

Kota Cimahi,BarayaKita – Industri kecil dan menengah (IKM) memiliki peran yang strategis dalam perekonomian. IKM memiliki jenis usaha dan produk yang sangat banyak dan variatif, sehingga mampu mengisi pasar yang sangat luas, menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat luas serta memiliki ketahanan terhadap krisis yang terjadi. Dengan karakteristik tersebut maka tumbuh dan berkembangnya IKM akan memberikan andil yang sangat besar dalam mewujudkan ekonomi nasional yang tanggguh dan maju yang berciri kerakyatan.

Untuk mendukung keberlangsungan IKM di Kota Cimahi sekaligus sebagai wadah apresiasi untuk pelaku IKM dan industri di Kota Cimahi serta peningkatan sinergitas serta kolaborasi antara dunia usaha industri dengan Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Pemerintah Daerah Kota Cimahi menggelar Grand Launching Sentra IKM Produk Olahan Tempe serta Gelar Produk IKM dan Industri Tingkat Kota Cimahi Tahun 2022. Kegiatan yang diikuti oleh para pelaku IKM dan industri Kota Cimahi diselenggarakan di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jl.Rd.Demang Hardjakusumah Cibabat Kota Cimahi pada hari Senin (20/6).
IKM produk olahan tempe di Cimahi berlokasi di wilayah RW 02 Kelurahan Cimahi Kecamatan Cimahi Tengah. IKM produk olahan tempe ini menyediakan berbagai makanan berbahan dasar tempe mulai dari keripik hingga bolu.
“Pemerintah Daerah berkewajiban melakukan percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan industri melalui perwilayahan industri, yang salah satunya dilaksanakan melalui pengembangan sentra IKM,” tegas Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Let. Kol. (Purn) Ngatiyana tak kala membuka kegiatan Grand Launching Sentra IKM Produk Olahan Tempe.
Sentra IKM merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan potensi unggulan suatu daerah dengan memberikan nilai tambah pada sumber daya lokal melalui pengembangan dan pemanfaatan kreativitas dan inovasi masyarakat sepanjang rantai nilai industri.

Ngatiyana mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah dalam upaya pengenalan brand produk dan company IKM dan industri se-Kota Cimahi agar dapat mewujudkan IKM dan industri yang berdaya saing, mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan juga program Bela Beli Produk Lokal Kota Cimahi.
Melalui Grand Launching Sentra IKM Produk Olahan Tempe diharapkan keberadaan sentra IKM produk olahan tempe akan lebih dikenal oleh masyarakat luas, lebih memudahkan proses pembinaan dan pembangunan infrastruktur pendukung industri, munculnya aglomerasi dan aliansi strategis di antara sesama industri, serta peningkatan kolaborasi pelaku IKM di sentra dengan Stakeholders lainnya.

Memeriahkan kegiatan Grand Launching Sentra IKM Produk Olahan Tempe digelar juga berbagai lomba seperti lomba foto produk peserta gelar produk industri, lomba fashion show batik khas Kota Cimahi dan lomba menghias kue antar Perangkat Daerah Kota Cimahi. Selain itu disediakan juga open booth pelayanan publik bagi pelaku usaha industri terkait Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik (LPSE) dan Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) sehingga melalui kegiatan ini para IKM dan perusahaan industri dapat didaftarkan dan diregistrasi sebagai penyedia barang dan jasa pada Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik (LPSE) serta memiliki katalog lokal pada akun LPSE.

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *