DONGKRAK PENDAPATAN DAERAH, PEMKAB BANDUNG GELAR SOSIALISASI SOP SPPT PBB

Soreang, Barayakita  —  Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bandung Erwan Kusuma Hermawan S,Sos. M.Si menyatakan, wilayahnya menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi pendapatan pajak cukup besar, namun pengelolaan pajaknya perlu ditingkatkan.

Erwan saat menyampaikan sambutan pada acara Sosialisasi S-O-P Penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) oleh Kepala Dusun, Kader Pendapatan dan Kolektor desa se Kabupaten Bandung di Grand Sun Shine Hotel Soreang, (Selasa 15/03/22) menjelaskan, rendahnya pendapatan pajak itu disebabkan tingkat pemahaman akan pentingnya membayar pajak yang masih relative rendah, sehingga berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak. Selain itu dikatakan Erwan, juga adanya faktor lain seperti ; channel link pembayaran PBB yang terbatas, adanya kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) bangunan sehingga ketetapan pajaknya ikut naik, sehingga hal tersebut menyebabkan wajib pajak menunda pembayaran.

“Berdasar hal tersebut, diperlukan inovasi atau terobosan yang bukan saja mampu meningkatkan kesadaran para wajib pajak, tetapi juga capaian target dan manfaatnya bagi pembangunan”, tegas Erwan. Sehingga dengan sosialisasi yang digelar, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman akan pentingnya membayar pajak sekaligus sarana evaluasi target capaian pajak di Kabupaten Bandung.

Sementara Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Praniko Imam Sagita, SH,M, Si yang turut sampaikan arahan kepada peserta sosialisasi mengatakan, Pemkab Bandung perlu mencontoh kebijakan pemerintah pusat, dimana dalam pengurusan kegiatan perijinan harus menyertakan BPJS sebagai syaratnya. Menurut Imam, pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten Bandung lakukan terobosan dengan menyertakan tanda lunas Pajak Bumi Bangunan (PBB) dalam setiap pengurusan perijinan, sehingga berujung pada terdongkraknya pendapatan. (gpwk_aka)

 

REP : ARIES AK
RED : GPWK

 

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *