MENENGOK DAYA TARIK KAMPUNG CIBUNUT BERWARNA YANG MEMESONA DAN EDUKATIF

Oleh: Almira Dhiya Alifah, Algania Putri, Amanda Faradibba, Mia Nugraha, Shelma Feraniza, Velda Awinna Firdausy.

BarayaKita – Apabila anda menengok ke kanan di sebuah titik tertentu di Jalan Sunda, anda akan melihat salah satu pintu masuk ke suatu gang yang menyimpan segudang hal luar biasa di dalamnya. Tempat tersebut bernama Kampung Cibunut Berwarna atau yang juga disebut “Cibunut Finest”.

Kampung yang diresmikan sebagai Kampung Kreatif oleh mantan Walikota Bandung, yaitu Ridwan Kamil pada 27 November 2017 lalu ini memiliki kurang lebih 300 rumah di RW 07 yang masing-masing area RT-nya memiliki ciri warna tersendiri serta mural dengan berbagai tema. Keunikan ini merupakan hasil dari gotong royong warga setempat dengan bantuan sentuhan artistik dari Komunitas Mural Bandung.

Tak hanya itu, kampung ini juga menjadi ruang wisata edukasi lingkungan hidup, Kampung Cibunut Berwarna terkenal karena kesadaran warganya akan lingkungan dan juga pernah memenangkan banyak penghargaan, salah satunya menjadi Juara I Lomba Pengelolaan Sampah yang didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan dimenangkan oleh KSM OH DARLING (Orang Hebat Sadar Lingkungan) Kampung Cibunut.
Penduduk Kampung Cibunut menerapkan gerakan Zero Waste, bank sampah, dan melakukan pengolahan sampah secara berkala. Sampah yang ada terdiri dari sampah warga setempat dan 100 ember yang disebar pada setiap sudut. Kemudian, sampah yang sudah terkumpul akan dihancurkan ataupun diremukkan, lalu dimasukkan ke Biodigester untuk menjadi energi terbarukan.

Warga setempat di Kampung Cibunut Berwarna pun memiliki aktivitas dan wisata edukasi menarik lainnya, seperti dibentuknya sebuah komunitas Bernama BOCIL (Bocah Cinta Lingkungan), Dapur Cibunut, Taman Smaga yang didirikan oleh alumni SMAN 3 Bandung untuk sebuah pagelaran dalam merayakan Earth Hour, dan Buruan Sae yang merupakan sekumpulan tanaman dengan beragam kegunaan dan dibudidayakan di beberapa halaman para warga Kampung Cibunut.
Terdapat pula daya tarik lainnya yang bisa ditemui di sini, diantaranya beberapa produk khas Kampung Cibunut seperti Mie kocok, Molen, Kerupuk tulang, Kurcaci (Kerupuk Cara Cibunut) bahkan adanya pengrajin tas golf kelas nasional dan pelukis legendaris.

Anda bisa berkunjung ke Kampung Cibunut Berwarna yang terletak di Jl. Cibunut, Gang Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat untuk berpartisipasi langsung dalam kegiatan edukatif cinta lingkungan yang ada, serta aktivitas lainnya yang tak kalah menakjubkan, seperti melihat keindahan mural yang berada disepanjang rumah warga RW 07 Kampung Cibunut.

Berwisata ke Kampung Cibunut Berwarna tidak hanya akan memberikan pengalaman menyenangkan, namun juga mendapatkan sebuah ilmu baru yang bermanfaat terkait lingkungan.

Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *