3 MAMFAAT NANAS BAGI PENGIDAP KOLESTEROL TINGGI DAN TIPS AMAN MENGONSUMSINYA

Ditulis oleh Aprinda Puji

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

 

Nanas mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Di samping harganya terjangkau, buah ini juga bisa dikonsumsi langsung atau ditambahkan dalam menu masakan Anda. Buah ini disebut-sebut punya potensi menyehatkan jika dikonsumsi oleh penderita kadar kolesterol tinggi. Lantas, tahukah Anda apa saja manfaat nanas untuk penderita kadar kolesterol tinggi?

Manfaat nanas untuk penderita kadar kolesterol tinggi

 

Kadar kolesterol tinggi dapat membentuk plak di pembuluh arteri. Kondisi tersebut bisa mempersempit aliran darah dan akhirnya memicu penyakit jantung, karena terhambatnya aliran darah membuat jantung bekerja super keras. Itulah sebabnya, pengidap kadar kolesterol tinggi perlu menjaga kesehatan, agar risiko penyakit jantung dapat menurun.

Berdasarkan situs Heart UK, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan yang bisa menurunkan kolesterola adalah makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, kacang-kacangan, oats, sayur dan buah, salah satunya adalah nanas.

Di bawah ini beberapa alasan kesehatan kenapa nanas menjadi buah pilihan untuk penderita kadar kolesterol tinggi.

1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Menurut studi pada Journal of chiropractic medicine, vitamin C bisa membantu mengurangi kadar kolesterol total. Penelitian ini menggunakan suplemen vitamin C sebagai sampelnya, kandungan yang juga ada di dalam buah nanas.

Dalam 100 gram buah nanas, terdapat 78,9 gram vitamin C. Mengonsumsi buah ini bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya.

Di samping itu, nanas juga kaya akan serat. Ada sekitar 2,3 gram serat per 100 gram pada buah nanas. Nah, serat larut pada buah ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah bisa menurun.

Kemudian, nanas mengandung bromelain yang bisa membantu tubuh memecah plak kolesterol yang menyumbat pembuluh darah, dan menurunkan risiko terbentuknya gumpalan darah yang sungguh berbahaya pada pasien kadar kolesterol tinggi karena bisa menyebabkan stroke. Efek ini ditunjukkan sebuah studi berbasis hewan pada jurnal Biotechnology research international.

2. Membantu mengendalikan berat badan

Manfaat lain dari nanas untuk pengidap kolesterol tinggi adalah buah ini bisa membantu mengendalikan berat badan. Ini perlu dilakukan karena kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu faktor tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Buah nanas diketahui bersifat rendah lemak dan kalori sehingga bisa dijadikan pilihan makanan menyehatkan. Serat dari buah ini mengenyangkan perut lebih lama, sehingga menekan keinginan Anda untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

3. Mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif yang berujung dengan peradangan. Pada penderita kolesterol tinggi, risiko penyakit akan semakin tinggi jika peradangan (inflamasi) pada sel tubuh juga tinggi.

Oleh karena itulah, konsumsi nanas menjadi salah satu cara untuk pengidap kolesterol tinggi untuk mengurangi inflamasi. Manfaat nanas ini didapat dari kandungan antioksidan, seperti vitamin C, asam galat, katekin, epikatekin dan asam ferulat.

Tips aman mengonsumsi nanas untuk menurunkan kolesterol

 

Meskipun punya khasiat melimpah, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi nanas. Konsumsi buah ini tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu penyajiannya pun perlu diperhatikan. Nanas akan lebih baik jika dikonsumsi langsung, bukan dibuat sebagai manisan buah yang kadang mengandung tinggi gula dan garam.

Beberapa orang termasuk Anda mungkin saja memiliki alergi dengan kandungan bromelain di dalam buah nanas. Jika Anda pernah makan nanas dan muncul reaksi alergi, seperti kulit gatal, bersin dan hidung gatal, atau sesak napas, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

Kemudian, buah ini juga perlu dibersihkan secara menyeluruh dari bagian kulit luarnya, karena bisa menimbulkan rasa gatal di mulut jika kulitnya termakan.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan nanas sebagai makan sehat untuk mengendalikan kadar kolesterol. Penuhi juga kebutuhan nutrisi lainnya, dengan mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, sayuran dan buah warna-warni lainnya, gandum, dan susu rendah lemak.

Jika dokter meresepkan obat kolesterol, tanyakan lebih lanjut mengenai sebarapa banyak Anda boleh makan nanas dan waktu terbaik untuk mengonsumsinya.

Sumber:  https://hellosehat.com/jantung/kolesterol/nanas-untuk-kolesterol/

Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *