MANFAAT BUAH APEL MERAH UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat buah apel merah sangatlah banyak bagi kesehatan manusia yang mengonsumsinya secara rutin. Buah apel ini memang mudah ditemukan di mana saja, sehingga keberadaannya sudah tidak asing di masyarakat.

Perlu diketahui bahwa buah apel memiliki 7.500 jenis yang tersebar di seluruh belahan dunia. Namun apel jenis yang banyak ditemui adalah apel merah dan hijau. Akan tetapi, tahukah Anda perbedaan warna tersebut juga membuat kedua jenis ini memiliki manfaat yang berbeda.

Berikut adalah ragam manfaat buah apel merah yang perlu Anda ketahui.

Jaga Jantung agar Tetap Sehat

Manfaat buah apel merah yang pertama adalah mampu menjaga jantung agar tetap sehat. Siapa pun yang mengonsumsi buah apel merah secara rutin akan mendapatkan manfaat yang satu ini.

Hal tersebut dikarenakan kandungan quercetin yang tengah ditemukan pada apel merah. Ini diketahui mampu mencegah pembekuan darah serta mengurangi risiko aterosklerosis atau adanya penumpukan plak di bagian arteri yang pada nantinya menyebabkan serangan jantung. Quercetin ini juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan radang pada bagian arteri. Sangat bermanfaat bukan buah apel merah yang satu ini. Selain bermanfaat, ia juga memiliki rasa lezat yang cenderung manis. Maka tak heran apabila banyak yang menyukai buah apel merah ini.

Menyehatkan Otak

Manfaat buah apel merah selanjutnya adalah mampu membuat siapa pun yang mengonsumsinya mendapatkan otak yang sehat. Hal ini disebabkan kandungan borbon dalam apel yang begitu kaya. Borbon sendiri adalah mineral yang dikenal ampuh dalam meningkatkan aktivitas otak. Apel merah mampu meningkatkan transmisi sinyal antara neuron di otak.

Turunkan Risiko Diabetes

Manfaat buah apel merah berikutnya ialah mampu menurunkan risiko diabetes. Perlu diketahui bahwa buah apel merah mengandung pektin yang membantu mengatur kadar gula darah.

Kurangi Risiko Kanker Payudara

Seperti kita ketahui bahwa kanker payudara bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Akan tetapi berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengonsumsi satu buah apel pada setiap harinya bisa mencegah kanker payudara.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Meski kandungan vitamin C pada buah apel tak setinggi jeruk, namun apel juga mengandung vitamin C yang diperlukan guna menjaga daya tahan tubuh atau sistem imunitas. Buah apel yang berukuran sedang saja mempunyai kandungan apel vitamin C sebesar 8 mg yang di mana mampu memenuhi 14 persen kebutuhan harian akan vitamin C Anda.

Jaga Kesehatan Gigi

Manfaat buah apel lainnya adalah mampu menjaga kesehatan gigi Anda. Buah ini dapat menurunkan risiko gigi berlubang. Ketika Anda memakan buah apel, maka serat yang ada di dalam apel dan kandungan antibakterinya akan menyingkirkan bakteri dan juga virus.

Tak hanya itu, makan buah apel juga dapat merangsang pengeluaran air liur sehingga mengurangi produksi bakteri di dalam mulut Anda. Nah jadi tunggu apa lagi, segeralah konsumsi buah apel untuk mendapatkan ragam manfaatnya bagi kesehatan.

 

Sumber : https://www.merdeka.com/trending/ragam-manfaat-buah-apel-merah-bagi-kesehatan-tubuh-manusia-kln.html?page=5

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *