12 JULI HARI KOPERASI DAN TRANSFORMASI DIGITAL

Bandung, Barayakita  —  Baraya, tahukah Anda bahwa hari ini Koperasi Indonesia berusia 74 tahun ? Sudah cukup dewasa umurnya, tetapi mungkin tidak semua orang mengerti akan keberadaan koperasi dalam perekonomian Indonesia. 

Jika mengacu pada data 2016, disebutkan jika di Indonesia ada 209.488 koperasi. Namun sayang sekali, sebagian besar koperasi hanya merupakan UKM dan beberapa tidak dalam kondisi sehat. Lembaga pemeringkatan International Cooperative Alliance (ICA) mencatat hanya satu koperasi yang masuk daftar 300 koperasi terbesar di dunia.

Lantas sejauh mana perkembangan Koperasi di era digital? Bisakah koperasi mampu bertransformasi dan “berkompetisi” dengan perusahaan-perusahaan multi nasional? lalu bagaimana koperasi menyiapkan sumber daya manusianya, model bisnis barunya yang tak hanya sekadar simpan pinjam?

Untuk diketahui, peringatan Hari Koperasi Nasional tahun 2021 kali ini mengusung tema “Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat” : Digitalisasi Menuju Koperasi Modern”.

“Selamat HARKOPNAS (Hari Koperasi Nasional 2021).”

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *